METRUM
Jelajah Komunitas

Gempa 6,4 Magnitudo Kembali Guncang Turki

GEMPA bumi berkekuatan 6,4 magnitudo kembali mengguncang Provinsi Hatay, Turki hari Senin (20/2/2023), kata badan tanggap bencana AFAD. Hatay adalah daerah yang paling parah dilanda gempa 6 Februari lalu, yang menewaskan 41.000 orang di negara itu.

Gempa itu mengguncang Kota Defne jam 8.04 malam waktu setempat dan terasa kuat oleh tim AFP di Antakya dan Adana, 200 kilometer ke utara.

Tim AFP juga merasakan getaran di Lebanon dan Suriah.

Badan penanggulangan bencana mengatakan lewat Twiter bahwa gempa susulan berkekuatan 5,8 magnitudo kembali mengguncang tiga menit setelah gempa pertama, di mana pusatnya terletak di distrik Samandag di provinsi Hatay.

Jurnalis AFP di lapangan menggambarkan suasana panik di Antakya, ketika gempa tersebut menimbulkan awan debu di kota yang hancur itu.

Tembok-tembok bangunan yang rusak parah kemudian runtuh, sementara beberapa orang yang terluka meminta pertolongan.

Di jalanan kota Antakya, Ali Mazlum, 18 tahun, mengatakan kepada AFP: “Kami sedang bersama AFAD yang sedang mencari jenazah keluarga kami ketika gempa itu terjadi.”

“Kami tidak tahu harus berbuat Apa, kami saling berpelukan dan tepat di depan ami tembok mulai runtuh. Rasanya seperti Bumi terbuka untuk menelan kami.”

Mazlum, yang sudah tinggal di Antakya selama 12 tahun, masih mencari jenazah saudara perempuan dan keluarganya, serta saudara ipar dan keluarganya. (M1-VOA/rd/jm)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.