METRUM
Jelajah Komunitas

Penalti Leclerc, Pastikan Verstappen Juara Dunia GP F1 2022

SUZUKA, JEPANG (METRUM) – Lomba balap mobil Grand Prix F1/2022 masih menisakan empat seri lagi, namun pembalap Belanda Max Verstappen (Red Bull Racing –Honda) telah memastikan gelar juara dunia GP F1 musim ini jadi miliknya setelah mendominasi seri XVIII GP F1 Jepang di sirkuit Suzuka, Minggu (9/10/2022).

Ini merupakan kemenangan seri GP ke-12 kali musim ini sekaligus gelar juara dunia kedua berturutan setelah gelar pertama diraih 2021. Gelar juara dunia GP F1/2022 dipastikan diraih Verstappen karena raihan angkanya 366 poin tak mungkin lagi disusul rekan setimnya sendiri Sergio Perez (Red Bull Racing –Honda/Meksko) di urutan kedua klasemen dengan raihan 253 poin, demikian juga rangking ketiga Charles Leclerc (Scuderia Ferrari/Monako) 252 poin.

Meski Verstappen tidak memiliki mobil balap F1 (Red Bull racing –Honda) yang  tercepat di setiap sirkuit, namun pembalap asal Belanda ini hampir selalu mampu mengungguli lawannya dari tim Scuderia Ferrari dipiloti Charles Leclerc dan Carlos Sainz dengan taktik pit stop yang brilian dan pemilihan ban yang tepat.

Dengan 4 seri tersisa (GP AS, Meksiko, Brasil, Abu Dhabi) raihan angka pemenang menyisakan 25 poin x 4 = 100 poin tak mungkin lagi melewati raihan angka Vestappen meskipun pembalap Belanda ini tak finis sekalipun di empat seri itu.

Pada GP Jepang di sikuit Suzuka, Max Vestappen pemegang pole position dan rekan setimnya Sergio Perez finis 1-2 pada kondisi sirkuit basah akibat hujan yang turun sehingga lomba sempat dihentikan dan start ulang. Hasil finis 1-2 oleh duet pembalap tim Red Bull Racing –Honda ini adalah yang kelima kali tahun ini dari 18 lomba yang telah diselesaikan.

Sebenarnya pada seri XVIII GP Jepang, Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) finis kedua namun oleh juri, Leclerc dikenakan penalti 5 detik sehingga turun ke posisi ketiga karena pada lap terakhir tikungan chicane memotong jalur lintasan balap ketika hampir tersusul Sergio Perez (Red Bull Racing –Honda).

Dengan penalti ini, hasil GP Jepang 2022, kesatu Max Verstappen (Red Bull Racing –Honda) dengan waktu 3 jam 1 menit 44,004 detik, kedua Sergip Perez (Red Bull Racing –Honda) + 27,066 detik dan ketiga Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) + 31,763 detik.

Max Verstappen, pembalap F1 asal Belanda andalan tim Red Bull Racing – Honda merayakan sukses menjadi juara Dunia GP F1- 2022 di sirkuit Suzuka, Minggu (9/10/2022) bersama krunya. (Foto: Getty Images).*

Posisi finis berikutnya keempat Esteban Ocon (Alpine Renault) + 39,685 detik dan kelima juara dunia 7 kali GPF1 Lewis Hamilton (Mercedes GP Petronas) + 40,336 detik.

“Saya tentu senang memastikan gelar juara dunia F1/2022 dipastikan diraih lebih cepat tanpa harus menunggu lomba berikutnya GP AS, hal ini karena Charles Leclerc terkena hukuman penalti turun satu posisi ke urutan ketiga. Andaikan tak kena penalti raihan poinnya 18 dan bukan 16 sehingga saya harus menunggu pada lomba berikutnya GP AS,” ungkap Verstappen.

“Ya sebenanya saya tak ingin meraih gelar juara lebih cepat dengan situasi seperti ini, Leclerc kena penalti karena memotong jalur diluar lintasan lomba. Saya menyayangkan tapi juri (race stewart)  memutuskan sesuai ketentuan, saya simpati pada Leclerc,” jelas Verstappen.

Lomba berikutnya seri XIX GP F1 AS di Austin –Texas, Minggu (23/10/2022). (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.