METRUM
Jelajah Komunitas

Pentingnya Belajar Bahasa Asing

ERA modern ini, generasi penerus bangsa dituntut untuk memiliki skill berbahasa asing untuk memenuhi persaingan perusahaan. Menguasai bahasa asing, salah satunya adalah bahasa Inggris hampir selalu menjadi persyaratan untuk bekerja di perusahaan-perusahaan. Tidak hanya perusahaan asing, namun kini perusahaan lokal pun kerap menerapkan persyaratan tersebut. Sehingga persaingan antar pekerja tiap tahunnya menjadi semakin ketat.

Bahasa merupakan salah satu alat untuk berkomunkasi bagi manusia. Menurut Plato, “bahasa adalah pernyataan pikiran seseorang dengan perantaraan onotama (nama benda) dan rhemata (ucapan) yang merupakan cermin dari ide seseorang dalam arus udara lewat mulut”. Berdasarkan pernyataan ini, jelas bahwa fungsi utama dari bahasa adalah sebagai alat  interaksi, berpikir serta berekspresi antar manusia.

Di negara kita, bahasa yang paling banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan adalah bahasa Inggris, Mandarin, Korea, Jepang, Jerman dan lain sebagainya. Mempelajari bahasa asing bukan berarti tidak mencintai bahasa Indonesia, melainkan bahasa asing sebagai alat untuk memperkenalkan budaya lokal dengan lebih mudah serta memudahkan ketika berkomunikasi dengan orang asing karena tuntutan pendidikan maupun pekerjaan.

Selain itu, mempelajari bahasa asing juga berfungsi untuk melatih otak sehingga bisa menjadi lebih pintar dan mencegah penyakit yang menyerang otak karena belajar bahasa asing dapat meningkatkan kinerja otak sehingga kesehatannya akan tetap terjaga, melatih multitasking, meningkatkan daya ingat, serta memudahkan untuk mendapat pekerjaan.

Obi Pratama (Dok. Pribadi).*

Obi Pratama, seorang mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional tingkat akhir menuturkan, bahwa belajar bahasa baru akan menjadi sangat penting atau tidak penting sama sekali, tergantung dari kebutuhan dan tujuannya mempelajari hal itu.

Menurut Obi, tidak hanya bahasa, namun semua hal baru. Tapi, dalam dunia yang sangat berkembang dan terus berkembang seperti saat ini mempelajari bahasa asing terutama bahasa yang digunakan di berbagai belahan dunia akan sangat membantu untuk menunjang pekerjaan, pendidikan, dan kehidupan sosial kita. Mengingat batasan antar Negara, bahkan benua sudah semakin tidak terasa, karena adanya kemajuan di bidang teknologi informasi dan transportasi.

Obi menambahkan, dalam dunia pendidikan, kita dapat menuntut ilmu bahkan hingga ke negeri yang sebelumnya tidak kita tahu sama sekali. Tidak hanya itu, dalam bidang pekerjaan. Saat ini kemampuan bahasa asing sangat dibutuhkan di dunia pekerjaan, mengingat banyak sekali perusahaan yang berbasis internasional atau perusahaan yang memang berurusan dengan dunia internasional.

“Satu di antaranya, seperti perusahaan tempat saya bekerja, perusahaan ini bergerak di bidang jasa. Lebih tepatnya pendidikan. Kita membantu client yang akan melanjutkan studi di luar negeri, mulai dari tes minat bakat, melakukan pemilihan Negara dan jurusan, proses pendaftaran kampus, proses pembuatan visa hingga pencarian tempat tinggal dan keberangkatan. Dengan gambaran seperti itu, untuk melayani kebutuhan client, perusahaan melakukan berbagai kerja sama dengan perguruan tinggi di berbagai Negara. Yang mana, hal ini sangat membutuhkan kemampuan berbahasa asing setidaknya bahasa Inggris. Mengingat negara yang bekerja sama dengan perusahaan membutuhkan pegawai yang bisa berbahasa asing lain seperti Korea, German, Mandarin dan lainnya,” ujar Obi.

Lebih jauh Obi mengungkapkan, permasalahan di atas menggambarkan banyak sekali bidang pekerjaan yang membutuhkan kemampuan bahasa asing dan hal ini membuat dirinya terus dipertahankan di perusahaan karena dapat menggunakan beberapa bahasa asing.

Selain itu, dengan mempelajari bahasa asing kita dapat meningkatkan koneksi, saat bahasa asing yang mampu dikuasai lebih dari satu bahasa artinya kesempatan berkomunikasi dengan lebih banyak orang juga menjadi lebih luas.

Oleh karena itu, mempelajari bahasa asing ini bisa menjadi penting atau pun tidak penting berdasarkan kebutuhan. Tetapi kembali lagi, melihat  tuntutan perusahaan internasional maupun lokal yang kebanyakan sudah memasukan syarat berkemampuan bahasa asing bagi pelamarnya, tentu mempelajari bahasa asing ini menjadi sangat penting. (Pika Sari/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.