METRUM
Jelajah Komunitas

Public Speaking itu Mudah dan Menyenangkan!

  • Judul Buku: Enjoy Public Speaking: Jago Speak & Presentasi Kece!
  • Penulis: DJ Arie
  • Penerbit: Roda Publika Kreasi, Bogor
  • Cetakan: I, April 2019
  • Halaman: 200 halaman

TAMPIL dan berbicara di depan umum atau public speaking merupakan salah satu hal yang ditakuti sebagian orang. Ketakutan tersebut bukanlah hal yang aneh. Pasalnya, ketika sedang melakukan kegiatan ini, kita diharuskan untuk berdiri sendirian di hadapan banyak orang yang memfokuskan pandangan dan perhatiannya kepada kita. Tekanan ini membuat kita merasa tidak boleh melakukan kesalahan dan membuat kita menjadi tegang, grogi dan deg-degan!

Bicara di depan umum tanpa persiapan, ibarat pergi berperang tanpa memiliki senjata. Anda bisa menjadi sasaran tembak yang mudah bagi audience. Sebisanya, banyak orang menghindari berbicara di depan umum. Hanya saja, jika Anda salah satu dari orang-orang yang menghindari berbicara di depan umum, tentunya Anda melewatkan kesempatan.

Selama bertahun-tahun, public speaking telah memainkan peran utama dalam bidang komunikasi, pendidikan, pemerintahan, bisnis dan hiburan. Kata-kata memiliki kekuatan untuk menginformasikan, membujuk, mendidik, dan bahkan menghibur. Dan kata yang diucapkan, bahkan bisa lebih kuat daripada goresan tulisan. Menurut Webster’s Third International Dictionary, Public Speaking adalah Sebuah proses penyampaian pidato di hadapan publik. Sebuah seni dari ilmu komunikasi lisan yang secara efektif yang melibatkan para audiens atau pendengar.

Lebih jauh, public speaking merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikembangkan, sekaligus keterampilan yang harus dikuasai oleh semua orang. Jika kita sering melatih diri dan mempersiapkan dengan baik, public speaking itu bisa menjadi kegiatan yang mudah dan menyenangkan. Bagaimana cara mengatasi demam panggung, menarik minat audiens, membantu kalimat pembuka dalam sidang skripsi untuk mahasiswa, panduan wawancara kerja, presentasi bisnis di dunia kerja, rapat, briefing, diskusi, mengajar di kelas, hingga pemimpin organisasi yang dituntut untuk berbicara di hadapan banyak orang dalam berbagai kesempatan. Ringkasnya, Public Speaking mencakup semua aktivitas berbicara (komunikasi lisan) di depan orang banyak.

DJ Arie (Dok. Metrum).*

Melalui buku ini, Arie Ardianto atau lebih dikenal sebagai DJ Arie (Public Speaking & Broadcast Trainer, pendiri DJ Arie Public Speaking and Broadcasting School Bandung) membuka wawasan kita bahwa public speaking adalah suatu hal yang menyenangkan dan dapat dilakukan oleh semua orang. Pembicara bukan dilahirkan, mereka diciptakan. Seseorang dapat menjadi seorang pembicara melalui instruksi dan latihan, membuka dengan pembicaraan yang berbeda dan pengalaman yang dipelajari sendiri sehingga menjadi lebih mampu, percaya diri dan menjadi pembicara yang efektif. Tiap orang harus mampu mengomunikasikan gagasan, mampu membujuk, membangun dukungan, bernegosiasi dan berbicara secara efisien di depan umum. Keterampilan berbicara yang efektif membuat anda lebih menarik bagi orang lain dan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan kemajuan dalam karir.

Tampil dengan format ukuran yang mungil (15×15 cm), desain buku ini begitu menarik. Konten isi disertai dengan tutorial tautan barcode video-video (video explainer) dan infografis yang atraktif di tiap halaman dan dapat diakses dengan mudah melalui gawai atau smartphone sehingga memudahkan kita untuk memahami public speaking dengan grafis dan audio visual. Selain itu, buku ini ditulis dengan gaya bahasa tutur sehari-hari yang renyah dan mudah dicerna, sehingga memudahkan untuk memahami isi buku untuk belajar dan praktek langsung secara menyenangkan.

DJ Arie mengisi acara pelatihan public speaking yang diselenggarakan Mahasiswa STIKOM Bandung, 7 Maret 2020 (Dok. Metrum).*
DJ Arie (Dok. Metrum).*

Dalam buku ini, penulis yang merupakan seorang advance communicator dan telah malang-melintang 28 tahun di dunia broadcasting sebagai broadcast trainerradio announcer, music director dan station manager ini mencoba mempersiapkan public speaking dari hal yang paling mendasar dan mudah untuk diikuti. Mulai dari persiapan, mengatasi demam panggung, cara latihan sebelum tampil, bagaimana membuka presentasi, gestur, vokal dan positive attitude, hingga bonus membuat slide presentasi yang menarik dan bagaimana menghadapi persiapan pembuka sidang skripsi untuk para mahasiswa dan juga wawancara kerja. Pembaca dibimbing bagaimana cara presentasi di kampus, di kantor, di hadapan klien, sales presentation atau launching product.

Sejatinya, berbicara di depan umum adalah sebuah keterampilan komunikasi dan itu bisa dipelajari. Sementara beberapa orang mungkin memiliki kemampuan berbicara yang lebih alami daripada yang lain, atau suara yang lebih menyenangkan dan karismatik. Siapa saja dapat berbicara dan belajar menjadi pembicara publik yang lebih baik dan membutuhkan pengetahuan dan beberapa usaha. Dan, buku ini menuntun kita tampil di depan umum dengan gaya kita sendiri. (M1)***

komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: