METRUM
Jelajah Komunitas

Reli Dakar 2023: Barreda Kuasai Etape IV, Loeb Terdepan Kategori Mobil

HA’LL, SAUDI ARABIA (METRUM) – Cuaca buruk yang menjadikan rute menjadi mimpi buruk bagi peserta di etape III akhirnya berubah cerah di etape IV sehingga akhirnya bisa dinikmati para peserta Reli Dakar 2023 yang berlangsung pada Rabu (4/1/2023) di seputar Ha’ll.

Di kategori motor sejauh 425 km special stage, tampil sebagai pemenang, pembalap kawakan asal Spanyol yang tak asing lagi Joan Barreda (Monster Energy Bareda Team/Honda) dengan waktu 4 jam 28 menit 18 detik.

Barreda rangking kedua peserta Dakar dengan prestasi telah membukukan kemenanangan etape sebanyak 29 kali namun ironisnya belum pernah jadi juara.

Tahun ini pada Dakar 2023, Barreda tampil dengan Honda CRF-450 dengan status peserta privater bukan tim pabrikan namun motornya di sediakan tim Monster Energy Honda (tim pabrikan Honda), posisi kedua ditempati Pablo Quintanilla (Monster Energy Honda/Chile) terpaut 16 detik di belakang Barreda. Posisi ketiga Skyler Howes (Rockstar Husqvarna/AS) + 1 menit 5 detik.

Namun pimpinan klasemen umum masih dikuasai Daniel Sanders (GasGas/Australia) dengan total waktu tercepat 18 jam 40 menit 3 detik, kedua Skyler Howes + 3 menit 33 detik , ketiga Kevin Benavides (KTM/Argentina) + 4 menit 5 detik dan keempat Joan Barreda pemenang etape IV + 4 menit 30 detik.

Kategori Mobil

Di kategori mobil, persaingan seru etape IV sejauh 425 km terjadi antara juara dunia WRC (world rally championship) 9 kali asal Prancis Sebastian Loeb (Bahrain Raid Extreme) vs juara Dakar 14 kali Stephane Peterhansel (Audi Team/Prancis).

Sebastian Loeb (Bahrain Raid Extreme) finis terdepan etape IV Reli Dakar kategori mobil di Saudi Arabia, Rabu (4/1/2023). (Foto: Red Bull).*

Peterhansel sempat memimpin terdepan sejauh 282 km namun perlahan tapi pasti, di rute bukit bukit pasir dan bebatuan yang berbahaya, butuh konsentrasi penuh, akhirnya Loeb berhasil menyusul Peterhansel di km 327 dan keduanya terus bersaing ketat hingga finis di Ha’ll.

Loeb finis terdepan unggul tipis 16 detik atas Petehansel. Ini merupakan sukses kemenangan etape Dakar yang ke-17 kali bagi Loeb sepanjang partisipasinya. Posisi ketiga ditempati Carlos Sainz (Audi Team/Spanyol) dan keempat oleh pimpinan klasemen Nasser Al-Attiyah (Toyota Gazzo Racing/Qatar).

Dengan hasil etape IV ini, Al-Attiyah belum tergoyahkan memimpin klasemen dengan keunggulan waktu 18 menit 18 detik atas Yazeed Al-Rajhi (Toyota Hilux Overdrive/Saudi Arabia), ketiga Peterhasnsel (Audi Team) semakin dekat untuk menggeser Al-Rajhi karena hanya terpaut 34 detik di belakangnya (+ 18 menit 52 detik dari Al-Attiyah pimpinan klasemen).

Reli Dakar 2023 masih menyisakan 11 etape lagi menuju finis terakhir pada Minggu (15/1/2023). (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: