METRUM
Jelajah Komunitas

Dominasi Loeb Berlanjut, Howes Ambil Alih Lagi Klasemen Motor Reli Dakar 2023

EMPTY QUARTER, SAUDI ARABIA (METRUM) – Pereli asal Prancis, Sebastian Loeb (Bahrain Raid Xtreme-Prodrive Hunter) membuktikan kelasnya sebagai juara dunia 9 kali WRC (world rally championship) dengan tampil konsisten mampu kembali berada terdepan tak tersentuh pada etape XI, Kamis (12/1/2023) di medan padang pasir Reli Dakar 2023 Saudi Arabia yang sesungguhnya di wilayah Empty Quarter, bukan pasir lumpur seperti di 6 etape awal.

Ini adalah sukses empat kali beruntun Loeb merebut etape Dakar 2023, sekaligus yang kelima sejak awal etape. Keseluruhan Loeb telah 22 kali memenangi etape di Reli Dakar pada 7 kali keikutsertaannya.

Empty Quarter merupakan wilayah padang pasir Saudi Arabia yang terluas di dunia yaitu panjangnya 1.000 km dan lebar 500 km.

Loeb memenangi etape XI (Syahbah-Empty Quarter) 274 km mengungguli Guerlain Chicherit (GCK-Prodrive Hunter) + 2 menit 16 detik, ketiga Mattias Ekstrom (Audi Racing) + 2 menit 26 detik dan keempat Lucas Moraes (Toyota Hilux- Overdrive) + 6 menit 12 detik. Sementara pimpinan klasemen juara Reli Dakar 4 kali, Nasser Al-Attiyah (Toyota Gazoo Racing/Qatar) finis di posisi kelima tertinggal 6 menit 42 detik, dan tak tergoyahkan sebagai pimpinan klasemen.

Hingga etape XI, di klasemen umum Al-Attiyah yang merupakan pereli tim pabrikan Toyota solid memimpin klasemen dengan keunggulan cukup telak atas Lucas Moraes (Toyota Hilux-Overdrive) di urutan kedua + 1 jam 21 menit 4 detik, ketiga Sebastian Loeb (Bahrain Raix Xtreme-Prodrive Hunter) + 1 jam 30 menit 41 detik.

Dengan menyisakan empat etape lagi, peluang Loeb untuk naik ke urutan kedua klasemen menggeser Lucas Moraes cukup terbuka kaena hanya terpaut 10 menit atas pereli asal Brasil ini.

“Target tim Bahrain Raid Xtreme cukup realistis untuk bisa naik ke urutan kedua klasemen menggeser Moraes (Toyota Hilux –Overdrive). Masih ada 4 etape lagi, dan kami akan berupaya keras untuk terus menekan Moraes di rute padang pasir yang kering seperti sekarang.  Kesempatan itu terbuka hanya kami harus tetap hati-hati karena musibah bisa terjadi kapan saja,” tegas Loeb.

Kategori Motor

Toby Price (Red Bull KTM/Australia) naik ke posisi kedua klasemen Motor di Etape XI, Reli Dakar 2023 pada Kamis (12/1/2022). (Foto: Red Bull).*

Persaingan kategori motor di etape XI berlangsungt seru, pereli AS Skyler Howes (Rockstar Husqvarna) kembali ke puncak klasemen setelah finis di urutan keempat. Sementara pemenang etape ini oleh rekan setimnya Luciano Benavides (Rockstar Husqvarna/Argentina) dengan waktu tercepat 2 jam 7 menit 59 detik untuk jarak tempuh 274 km (Syahbah-Empty Quarter), posisi kedua Daniel Sanders (Gas Gas/Australia) + 1 menit 36 detik dan ketiga Toby Price (Red Bull-KTM/Australia) + 1 menit 56 detik.

Sementara Kevin Benavides (Red Bull KTM/Argentina) pemegang klasemen di etape X tercecer di luar 5 besar sehingga posisi klasemen setelah etape XI kini kembali dikuasai Skyler Howes, dibuntuti ketat oleh Toby Price + 28 detik dan Kevin Benavides turun ke posisi ketiga + 2 menit 44 detik, keempat Pablo Quintanilla (Monster Energy Honda/Chile) + 14 menit 14 detik dan kelima Adrien Van Beveren (Monster Energy Honda/Prancis) + 15 menit 24 detik. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: