METRUM
Jelajah Komunitas

Reli Dakar 2024: Brabec Masih Pimpin Klasemen Motor, Sainz Semakin Kokoh Kuasai Kategori Mobil

HAIL, SAUDI ARABIA (METRUM) – Persaingan Reli Dakar edisi ke-46/2024 di gurun pasir Saudi Arabia kini memasuki empat etape krusial penentuan juara menuju finis akhir (etape XII) di Yanbu, Jumat (19/1/2024).

Hingga etape VIII finis di Hail, Selasa (16/1/2024) WIB, pada kategori Motor, Ricky Brabec pereli asal Amerika Serikat dari tim Monster Energy Honda masih memimpin klasemen dengan keunggulan 42 detik atas rangking kedua Ross Branch asal Botswana dari tim Hero Motorsport, ketiga Jose Cornejo (Monster Energy Honda/Chile) + 4 menit 21 detik dan keempat Adrien Van Beveren (Monster Energy Honda/Prancis) + 11 menit 58 detik.

Tim Hero Motorsport merupakan pabrikan motor India terkemuka yang merupakan industri pabrik motor kerja sama dengan Honda Motor Co., Ltd (Jepang) dengan Hero Motor (India), dengan teknologi dari Honda Motor. Partisipasi Hero Motorsport pada Reli Dakar sejak 2016 untuk menunjukkan pada dunia internasional, bahwa India kini telah mempunyai teknologi yang bisa bersaing dengan pabrik motor lainnya.

Prestasi yang kini dicapai tim Hero Motorsport hingga etape VIII mampu bersaing untuk perebutan gelar juara Reli Dakar 2024 melalui pereli andalanya Ross Branch asal Botswana (negara di benua Afrika), menempati rangking kedua + 42 detik dari pimpinan klasemen Ricky Brabec (Monster Energy Honda).

Pimpinan klasemen Motor, Ricky Brabec juara Reli Dakar 2020 mengatakan akan terus konsentrasi dan tidak akan membiarkan pesaing terdekatnya Branch lepas dari pengawasannya.

“Keunggulan waktu saya hanya 42 detik atas Branch karena itu di etape IX berikutnya saya tak mau jauh darinya. Sebagai pimpinan klasemen saya start terdepan di etape IX dan harus terus waspada, tidak harus terus didepan karena membuka jalur terdepan tidak mudah, membiarkan Branch berada di depan lebih baik, saya harus menggunakan taktik Cat and Mouse. Semoga di etape IX semua berjalan mulus,” ungkap Brabec.

Etape IX menempuh rute Hail – Alula 639 km, di antaranya 417 km merupakan special stage.

Kategori Mobil

Pereli kawakan Carlos Sainz (Audi/Spanyol) semakin memperkokoh posisinya di  klasemen umum setelah mampu mempertahankan konsistensinya sepanjang rute etape VIII,Pada etape ini dua rekan setimnya Sainz yaitu Mattias Ekstrom dan Stephane Peterhansel membuka jalur di depan sehingga Sainz mampu terus mengawasi pergerakan saingan terdekatnya sesama veteran juara reli WRC Sebastien Loeb (Prodrive Hunter/Prancis).

Pada etape VIII ini, Mattis Ekstrom (Audi) finis terdepan, diikuti kedua Stephane Peterhansel (Audi) dan ketiga Guerlain Chicherit (Toyota Hilux Overdrive).

Klasemen Mobil setelah Etape VIII

  1. Carlos Sainz (Audi) 33 jam 29 menit 10 detik
  2. Sebastien Loeb (Prodrive Hunter) + 24 menit 47 detik
  3. Lucas Moraes (Toyota Hilux Overdrive) + 1 jam 5 menit 13 detik. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.