METRUM
Jelajah Komunitas

Roglic Juara Criterium du Dauphine 2024

Nyaris kalah, Unggul Tipis 8 Detik

GLIERES, PRANCIS (METRUM) – Atlet kawakan asal Slovenia Primoz Roglic (34) andalan tim Bora Hansgrohe tampil sebagai juara balap sepeda Critereium du Dauphine ke-76/ 2024 di Prancis melalui perjuang keras mempertahankan kaus kuning pada etape VIII (terakhir) Minggu (9/6/2024).

Di Klasemen akhir Roglic asal Slovenia hanya unggul tipis 8 detik atas rangking kedua atlet muda Matteo Jorgensen (Visma Lease a Bike/AS) yang nyaris mengalahkan Roglic mantan atlet tim Jumbo Visma s.d. tahun 2023.

Hasil juara Criterium du Dauphine 2024 oleh Roglic merupakan sukses kedua kali setelah menjadi pemenang pertama kali 2022. Bagi Roglic, hasil di Criterium du Dauphine menunjukan persiapannya perlu diasah lagi menjelang Tour de France (TdF) 2024, karena akan menghadapi lawan berat juara 2 kali Tdf (2020, 2021) Tadej Pogacar (UAE Emirates/Slovenia) yang baru saja tampil sebagai juara Giro d’Italia 2024 akhir Mei lalu.

Sementara juara bertahan 2 kali Tdf (2022, 2023) Jonas Vingegaard (Jumbo Visma) rekan setimnya Roglic — semasa di tim yang sama –, tampaknya akan absen karena tidak bisa berlatih sesuai target karena baru pulih dari cedera cukup parah patah tulang pundak dan iga yang dialaminya April lalu pada loma Itzuila Basque Country (Spanyol). Pada lomba itu Roglic dan Evenepoel juga mengalami kecelakaan yang sama dengan cedera tulang pundak retak.

Criterium Dauphine setiap tahunnya merupkaan lomba pemanasan terakhir jelang grand tour Tour de France 2024 yang akan dimulai akhir Juni ini selama tiga minggu menempuh jarak tota 3.425 km terbagi 21 etape.

Pada etape VIII menempuh rute tanjakan berat 160 km (Thones –Plateu des Glieres), pemegang kaus kuning Primoz Roglic  yang sebelumnya pada etape VI dan VII) tampil prima di tanjakan menguasai kaus kuning, justru mengdalami off day di etape VIII,memasuki 5 km terakhir menuju finis tak mampu mengimbangi kecepatan dua atlet muda yang juga tangguh di tanjakan, Matteo Jorgensen (Visma) dan Carlos Rodriguez (Ineos). Roglic tertinggal 48 detik namun beruntung masih unggul tipis 8 detik dari pesaing terdekatnya Jorgensen.

Salah satu atlet muda terkemuka lainnya Remco Evenepoel (Soudal-Quick Step) yang memegang kaus kuning hingga etape V, juga kembali tercecer seperti yang dialaminya pada tanjakan etape VI dan VII.

Pada etape VIII (terakhir) dua atlet muda, Carlos Rodriguez (23) tim Ineos Grenadier/Spanyol menjadi pemenenang ,diikuti kedua dengan waktu sama Matteo Jorgensen (24) tim Visma/AS, ketiga Derek Gee (Israel Premier Tech/Kanada) + 2 detik dan Roglic finis keenam + 48 detik.

Klasemen akhir Criterium du Dauphine 2024:

  1. Primoz Roglic (Bora Hansgrohe/Slovebia) 25 jam 35 menit 40 detik
  2. Matteo Jorgensen (Visma Lease a Bike/AS) + 8 detik
  3. Derek Gee (Israel Premier Tech/Kanada) + 36 detik
  4. Carlos Rodriguez (Ineos Grenadier/Spanyol) +1 menit
  5. Laurens De Plus (Ineos Grenadies/Belgia) + 2 menit 4 detik
  6. Aleksandr Vlasov (Bora Hansgrohe/eks. Rusia) +2 menit 6 detik
  7. Remco Evenepoel (Soudal Quick Step/Belgia) +2 menit 25 detik. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.