METRUM
Jelajah Komunitas

Roglic Terjatuh Keras Jelang Finis, Pedersen Menang Sprint Etape XVI Vuelta a Espana 2022

TOMARES, SPANYOL (METRUM) – Pada lomba yang berlangsung menegangkan jelang finis, juara bertahan tiga kali Vuelta, Primoz Roglic (Jumbo Visma/Slovania) sukses break away 2,8 km menuju finis etape XVI Rabu (7/9/2022) WIBbersama empat atlet lainnya di jalan menanjak. Namun terjadi drama Roglic kecelakaan, terjatuh dan cedera hanya 100 meter dari garis finis di Tomares setelah melalui jarak 189 km dari Sanlucar de Barrameda.

Dengan berdarah darah di lutut kanan, pundak dan lengannya serta kaus balap robek Roglic melintasi finis, sedangkan etape ini dimenangi sprinter Denmark juara dunia road race 2019 Mads Pedersen (26) tim Trek Segafredo.

Sementara saat bersamaan Roglic break away, juga terjadi drama lainnya pemegang kaus merah Remco Evenepoel (Quick Step/Belgia) berhenti dengan alasan “kempes ban” tapi dari kamera liputan TV Eurosport, ban belakangnya tidak tampak kempes, saat menunggu mobil timnya untuk menggati roda yang kempes. Sesuai peraturan lomba pada 3 km terakhir, atlet yang celaka atau menghadapi masalah teknis, catatan waktunya dinyatakan sama dengan peloton besar.

Dengan demikian Evenepoel meski ketinggalan cukup jauh catatan waktu finisnya sama dengan peloton, hanya tertinggal 8 detik dari grup terdepan Roglic, Pedersen serta tiga atlet lainnya.

Sprinter Denmark juara dunia road race 2019, Mads Pedersen (26) tim Trek Segafredo menang sprint finis lima atlet di etape XVI Vuelta 2022 di Tomares-Spanyol Rabu (7/9/2022) WIB. (Foto: Charly Lopez/Unipublic).*

Di klasemen umum Evenepoel masih menguasai klasemen dengan keunggulan waktu semakin terpangkas dari semula di etape XV 1 menit 34 detik menjadi 1 menit 26 detik atas Roglic.

Usai melintasi finis dibantu rekan setimnmya, Roglic terduduk dipagar pembatas dengan tubuh dipenuhi luka berdarah, wajah teguncang. Tim medis segera menangani luka luka Roglic.

Manager tim Jumbo Visma, Addy Engels mengatakan, “Aksi break away Roglic di etape XVI menghasilkan keunggulan waktu 8 detik dari Evenepoel namun tak sebanding dengan kecelakaan yang dialaminya.”

Menanti dengan Nervous

Hingga 3 jam setelah finis etape XVI dan Roglic menjalani perawatan dan pengecekan kemungkinan cedera tulang pundak dan lutut, tim Jumbo Visma masih belum memberi “Press Release” apakah Primoz Roglic bisa melanjutkan lomba etape XVII selanjutnya.

Juara 3 kali Vuelta a Espana, Primoz Roglic (Jumbo Visma) mendapat perawatan medis usai finis etape XVI dengan luka-luka di tubuhnya akibat terjatuh sebelum finis. (Foto: AFP).*

Hasil Etape XVI:

  1. Mads Pedersen (Trek Segafredo/Denmark) 4 jam 45 menit 29 detik
  2. Pascal Ackermann (UAE Team Emirates/Jerman) 4 jam 45 menit 29 detik
  3. Danny van Poppel (Bora Hansgrohe/Belanda) 4 jam 45 menit 29 detik

Klasemen s.d. etape XVI

  1. Remco Evenepoel (Quick Step/Belgia) 61 jam 26 menit 26 detik
  2. Primoz Roglic (Jumbo Visma/Slovania) + 1 menit 26 detik
  3. Enric Mas (Movistar/Spanyol) + 2 menit 1 detik
  4. Juan Ayusu  (UAE Team Emirates/Spanyol) +4 menit 49 detik
  5. Carlos Rodriguez (Ineos Grenadier /Spanyol) + 5 menit 16 detik

Kamis (8/9/2022) WIB etape XVII rute tanjakan Aracena- Monasterio Tentudia, persaingan klasemen semakin seru untuk menggoyahkan Remco Evenepoel pemegang kaus merah. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: