METRUM
Jelajah Komunitas

Satu Dekade Gober Depok Dalam Gerakan Bersepeda

DEPOK merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang posisinya berada di perbatasan atau penyangga dengan Ibu Kota DKI Jakarta. Wilayah ini tak kalah ramainya dengan daerah-daerah lain dengan aktivitas para pesepedanya di setiap akhir pekan, hilir mudik di berbagai sudut perkotaan.

Di sana pun bermunculan komunitas-komunitas pesepeda, salah satunya Gowes Bersama (Gober) Depok yang sudah satu dekade wara-wiri dalam khazanah bersepeda di Kota Depok. Komunitas ini didirikan pada tanggal 12 April 2012 oleh H. Idris Harun, H. Tony Yulianto, Yanno Chodex, Virdis Hidaya, Khairudin Beks dan Anton Kirana.

Berawal ketika mereka mengikuti funbike di kampus Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN), saat itu mereka berenam merasakan hal yang cukup menyenangkan saat bersepeda bersama-sama, lalu mereka mencoba menggali ide untuk dapat bersepeda bersama lebih sering lagi.

Foto Bersama Pesepeda Purwakarta 2015 (Foto: Dok. Gober Depok).*

Tercetuslah ide membuat komunitas sepeda yang disepakati bersama bernama Gober Depok atas usulan Anton Kirana. Sebelumnya H. Tony mengusulkan Komite Sepeda Depok (KSD).  

Selanjutnya, Gober Depok diangkat di media sosial dengan membuat akun grup Facebook, berisi postingan kegiatan gowes bersama (gobar) rutin, meme-meme dan tulisan-tulisan motivasi terkait semangat bersepeda dan gowes bersama demi sehat jiwa raga serta menjalin tali silaturahmi agar dapat terus terjaga.

Seiring berjalannya waktu Gober Depok mulai menarik perhatian para goweser di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (JABODETABEK), bahkan pesepeda di luar provinsi dan di luar pulau pun mulai mengenal eksistensi komunitas ini, lewat aktivitasnya di wilayah Jabodetabek dan berbagai kegiatannya yang dibagikan di dunia maya sehingga anggotanya pun makin bertambah.

Sejak itu mulai dibentuk kepengurusan, selaku ketua periode pertama dipercayakan kepada Virdis Hidayat. Hingga kini Gober Depok sudah berganti 5 kali periode kepengurusan dan kepengurusan 2022 – 2025 diketuai oleh Djadja.

Selama itu, para pendiri dan pengurus selalu berusaha memperbaiki manajemen komunitas agar selalu progres di setiap kepengurusan, sehingga eksistensinya bisa bertahan sampai sekarang melalu berbagai dinamika yang terjadi.

Gober Depok tak mengenal “pengkastaan sepeda”, artinya jenis sepeda apa aja, merk apa aja dan siapapun pesepedanya, pria-wanita, tua-muda, apapun jabatannya, dan darimana pun asalnya bisa jadi anggota keluarga besar Gober Depok, yang penting suka bersepeda bersama.

Trip Setu Babakan Kampoeng Budaya Betawi (Foto: Dok. Gober Depok).*

Tiap minggu ada trip GOwes BERsama, biasanya bervariasi di tiap minggunya. Minggu ini jarak pendek dan minggu berikutnya jarak jauh, jadi keiinginan semua anggota dapat terakomodir. Berapa bulan sekali mereka juga mengadakan bersepeda jarak jauh atau turing ke luar kota/daerah.

Saat gobar, mereka menggalang kencleng atau urunan seikhlasnya untuk kas komunitas tanpa ditentukan besar-kecilnya, sifatnya tidak wajib dan tidak memaksa, semata-mata untuk mengisi kas Gober Depok untuk menunjang berbagai kegiatan.

Mereka juga sering ikut event-event bersepeda, baik di Depok, Jabotabek maupun luar kota lainnya, seperti Tea Bike Subang, Tour de Pangandaran, Zero to Zero Bogor – Bandung, GEPANG LOOP, SALAK LOOP, BOCIMI, Tour de Baduy dan lain lain, termasuk touring Ambarawa – Jakarta event TNI-KSI.

Gober Depok mempunyai trip ciri khas sendiri yaitu SUSU CIPOK (SUsuri SUngai CIliwung dePOK) dan Saba Setu Depok, event ini sempat dijadikan event Tour de Setu Depok oleh DISPORYATA Depok.  

Beberapa kali sebagian besar personil Gober Depok terlibat menjadi panitia inti penyelenggaraan event Hari Juang Kartika HUT TNI ke-72 dan Tour de Setu Depok.

Selain itu, Gober Depok menjadi salah satu komunitas pesepeda yang turut memperjuangkan dibuatnya lajur sepeda di Kota Depok. Tak mau ketinggalan, Gober Depok juga kerap melakukan aksi-aksi sosial, seperti donasi untuk korban bencana alam, santunan anak yatim, pembangunan masjid dan lain-lain.

“Jika ingin bergabung dengan kami, jangan takut dan kapok bersepeda bersama, karena kita ada marshal pesepeda yang setia mengawal dan mendampingi dengan dilengkapi alat komunikasi berupa, P3K, tool sepeda, dan ban dalam. Intinya kami akan selalu berupaya membuat aman dan nyaman anggota atau simpatisan yang ikut bersepeda bersama kami, Semoga satu dekade Gober Depok semakin lebih baik, tetap kompak dan eksis,” ujar Anton Kirana, menutup pembicaraan.

Bakti Sosial Santunan Anak Yatim 2019 (Foto: Dok. Gober Depok).*

Medsos Gober Depok

  • Facebook: Gober Depok
  • IG Instagram: gober_depok
  • WA 0857-1876-7838 (Antoni Kirana) 0816-591-373 (Ari)

Salam Boseh dan Go Green! (Cucu Hambali, Bersepeda itu Baik)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.