METRUM
Jelajah Komunitas

Selain Manis dan Renyah, Jambu Kristal Miliki Nutrisi Berlimpah

PECINTA jambu pasti sudah tahu apa itu jambu kristal. Buah satu ini sudah banyak ditemukan di Indonesia dan populer karena rasa manis dan renyah pada dagingnya. Namun, tahukah kamu kandungan apa yang terdapat di balik manis dan renyahnya buah jambu kristal? Lalu, apa sih manfaat dari buah ini?

Jambu kristal (Psidium guajava), adalah varietas atau jenis lain buah jambu biji yang sudah lama ada di Indonesia. buah ini merupakan mutase dari jambu Muangthai Pak yang ditemukan pada 1991 di District Kao Shiung, Taiwan, dan diperkenalkan di Indonesia oleh Misi Teknik Taiwan.

Meski masih bagian dari jambu biji, jambu kristal memiliki sejumlah keistimewaan. Selain lebih manis dari jambu biji biasa, jambu kristal juga memiliki jumlah biji yang lebih sedikit, yaitu kurang dari tiga persen, sehingga sering disebut dengan jambu biji putih tidak berbiji. Buah ini pun dapat tumbuh sepanjang tahun sehingga anda bisa mengonsumsinya setiap saat.

Kandungan gizi jambu kristal

Jambu kristal memiliki kandungan gizi atau nutrisi yang berlimpah. Oleh karena itu, mengonsumsi buah ini dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh anda setiap harinya.

Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, kandungan gizi dari 100 gram jambu biji putih tidak berbiji yang mentah adalah:

  • Air: 82,8 gram
  • Energi: 61 kal
  • Protein: 0,9 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Karbohidrat: 15,4 gram
  • Serat: 4,5 gram
  • Abu: 0,6 gram
  • Kalsium: 31 mg
  • Fosfor: 41 mg
  • Zat Besi: 0,2 mg
  • Natrium: 20 mg
  • Kalium: 103 mg
  • Tembaga: 0,04 mg
  • Seng (zinc): 0,5 mg
  • Beta Karoten: 53 mcg
  • Karoten: 18 mcg
  • Vitamin B1: 1,02 mg
  • Vitamin B2: 0,06 mg
  • Niasin: 1,3 mg
  • Vitamin C: 116

Selain itu, buah jambu biji kristal juga disebut mengandung vitamin A dari beta karoten serta senyawa polifenol, termasuk flavonoid. Namun, berbeda dengan jambu biji merah, jambu kristal tidak mengandung likopen, yang merupakan jenis karoten pemberi warna merah alami pada buah-buahan dan sayuran.

Jambu kristal (Sumber foto: bisnis.ipb.ac.id).*

Berdasarkan kandungannya tersebut, manfaat atau khasiat yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsi buah jambu biji kristal adalah:

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Buah jambu kristal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Dilansir dari Mayo Clinic, mengonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu menormalkan Gerakan usus. Kandungan nutrisi ini dapat meningkatkan massa feses yang terlalu encer, sehingga bisa mencegah dan mengobati diare.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tingginya kandungan vitamin C pada jambu kristal menjadikan buah ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Kandungna vitamin ini bersifat antioksidan sehingga bisa melawan radikal bebas, serta penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh tubuh. Dengan begitu, tubuh kita menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

3. Meredakan batuk dan flu

Manfaat lainnya membantu meredakan batuk dan flu. Jambu biji kristal, baik dari daun, kulit, maupun daging buahnya, mengandung flavonoid yang bersifat antibakteri. Adapun kandungan ini diyakini bisa mengurangi peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk pada penderita batuk dan flu. Selain itu. Vitamin C di dalamnya diyakini dapat mempercepat penyembuhan gejala batuk dan flu yang kita alami.

4. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi jambu kristal bisa menjadi cemilan sehat sehari-hari. Buah ini memiliki kandungan kalori yang rendah, tetapi tinggi serat. Adapun makanan berserat tinggi cenderung lebih mengenyangkan daripada makanan rendah serat, sehingga kita cenderung makan lebih sedikit dan tetap kenyang.

5. Membantu mata tetap sehat

Manfaat lainya dari jambu kristal adalah membantu menjaga kesehatan mata kita. Dengan menginsumsi jambu kristal, kita dapat terhindar dari berbagai gangguan mata, seperti rabun jauh, rabun dekat, silindris dan lainnya.

6. Membantu kulit tetap lembap

Sifat antioksida serta kandungan mineral dan vitamin dalam jambu kristal memberi manfaat yang baik untuk kesehatan kulit kita. Kandungan nutrisi ini diyakini dapat membantu menjaga kelembapan kulit serta mencegah penuaan. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya, diyakini dapat menbantu mengatasi masalah kulit, seperti iritasi dan kemerahan.

7. Menjaga kesehatan jantung

Karena jambu kristal mengandung kalium serta serat yang tinggi. Adapun kalium dan serat disebut berperan dalam mengontrol tekanan darah. Mengonsumsi serat pun dapat mengurangi peradangan pada jantung serta membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

8. Membantu menjaga ibu hamil tetap sehat

Jambu kristal mengandung protein serta berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Contoh, vitamin C pada ibu hamil penting untuk pertumbuhan optimal janin, serta membantu meningkatkan penyerapan zat besi yang dibutuhkan ibu hamil guna memberikan oksigen kepada bayinya.

Cara mengonsumsi jambu kristal

Rujak jambu kristal (Sumber: bacaini.id).*

Jambu kristal terkenal akan dagingnya yang tenyah dan manis. Oleh karena itu, buah ini seringkali dikonsumsi langsung sebagai cemilan sehat sehari hari. Namun, jangan lupa untuk selalu mencuci bersih buah ini terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya, agar terhindar dari bakteri yang mungkin masih menempel.

Selain mengonsumsi secara langsung, jambu kristal juga kerap dijadikan sebagai rujak atau asinan untuk bisa memperoleh khasiat dan manfaatnya. Beberapa orang juga mungkin mengonsumsi buah ini dalam bentuk jus, meski jarang ditemukan.

Belakangan ini jambu kristal banyak ditemukan di Kota Bandung dan Bandung Barat. Hanya saja, meski bisa sebagai obat, mengonsumsi jambu ini secara berlebihan juga tidak baik, sebaiknya kita tanyakan pada dokter. (Hanna Nursifa R/JT)***

komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: