METRUM
Jelajah Komunitas

Sepuluh Peraih Anugerah Budaya Kota Bandung 2023, Dari Sam Bimbo Hingga Toko Roti Sidodadi

KOTA BANDUNG (METRUM) – Sepuluh insan budaya Kota Bandung meraih penghargaan pada Anugerah Budaya Kota Bandung 2023, Senin 28 Agustus 2023. Penghargaan disampaikan oleh Pelaksana Harian Wali Kota Bandung, Ema Sumarna di Grand Ballroom Savoy Homann.

Mereka adalah Cahyar Mulyana/Ega Robot (seni musik tradisi), Lingkung Seni Reak Kuda Lumping Tibelat (seni tradisi riak), Muhammad Samsudin Hardjakusumah/Sam Bimbo (seni musik), Rizki Akhmad Zaelani (kurator seni rupa), Tatang Sumarsono (sastra).

Lalu ada Iyus Rusliana (seni tari), Marintan Sirait (jejaring budaya), Muljana Manaf Gunawan/Moel MG (teater), Syamsu Taufik/Opick Sunandar Sunarya (dalang), dan Toko Roti Sidodadi (kuliner).

Dalam sambutannya, Ema mengucapkan selamat kepada sepuluh penerima Anugerah Budaya Kota Bandung 2023. Menurutnya, Bandung merupakan kota yang banyak mencetak pelaku seni dan budaya yang tak lekang oleh zaman.

“Hidup tanpa seni dan budaya akan terasa hambar. Oleh karenanya, saya ucapkan terima kasih telah memberikan karya, warna, karakternya untuk Kota Bandung,” kata Ema.

Ia menegaskan, Pemkot Bandung berkomitmen untuk mendukung aktivitas seni dan budaya. Kata Ema, seni dan budaya sejalan dengan salah satu visi Kota Bandung dalam menghadirkan kota yang unggul.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Arif Syaifudin menyebut, Anugerah Budaya Kota Bandung merupakan apresiasi kepada seniman dan budayawan melalui karya prestasi.

Ia mengungkapkan, sejak 2006, sebanyak 181 seniman budayawan telah mendapatkan penghargaan.

“Anugerah ini merupakan bentuk apresiasi bagi insan seni di Kota Bandung. Semoga ini bisa meningkatkan kecintaan terhadap budaya kita,” kata Arif. (M1-ray)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.