METRUM
Jelajah Komunitas

Serunya Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet!

JAMBOREE-On-The-Air (JOTA) dan Jamboree-On-The-Internet (JOTI) adalah kegiatan yang memberikan kesempatan bagi Pramuka di seluruh dunia untuk berkumpul walaupun berada di lokasi geografis yang berbeda-beda. Untuk kegiatan JOTA, peserta menggunakan Radio Amatir dan untuk kegiatan JOTI mereka dapat menggunakan Internet.

JOTA JOTI diadakan pada minggu ke-3, tepatnya tanggal 16-18 Oktober 2020. Untuk tingkat nasional, kegiatan Jamboree On The Air (JOTA) diselenggarakan untuk yang ke-83 dan Jamboree On The Internet (JOTI) merupakan kegiatan ke-41.

Penyelenggarakan JOTI dan JOTA tahun ini berbeda dengan kegiatan sebelumnya, walaupun sedang berada ditengah pandemi Covid-19 peserta masih mempunyai kesempatan untuk mengikuti jambore melalui perangkat amatir radio dan hubungan internet secara daring dengan mengedepankan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Ada berbagai macam kegiatan menarik yang diikuti peserta JOTA JOTI tahun 2020 ini, diantaranya adalah serangkaian dialog, permainan, pertunjukan langsung, tantangan, pertunjukan bakat serta berkomunikasi dengan para anggota kepanduan di seluruh dunia.

Secara teknis, kegiatan JOTA mempergunakan perangkat radio amatir. (baik dengan mode CW, maupun mode SSB). Gelombang radio yang dipergunakan biasanya menggunakan band 40 meter atau band 80 meter.

Kegiatan JOTA JOTI Tahun 2020 (Sumber: orari.or.id).*

Semua operator amatir radio dari seluruh dunia berpartisipasi dengan lebih dari 500.000 anggota pramuka untuk mengajarkan mereka tentang radio dan membantu mereka untuk menghubungi anggota pramuka lainnya dengan menggunakan perangkat radio amatir.

Kegiatan JOTI adalah kegiatan komunikasi antaranggota pramuka dari seluruh penjuru dunia dengan menggunakan internet sebagai media utamanya. Umumnya kegiatan JOTI menggunakan kanal IRC milik ScoutLink sehingga memerlukan aplikasi client IRC, misalnya mIRC dan XChat pada komputer serta AndroIRC dan IRCCloud untuk hp. Selain itu, peserta juga dapat mengakses layanan webchat milik ScoutLink tanpa perlu menginstal aplikasi client lainnya.

Ada kegiatan seru di webchat milik ScoutLink ini. Anggota pramuka di Indonesia bisa berbincang langsung dengan Scout di seluruh dunia dan mengumpulkan Nomor JID. Dan sesuai ketentuan, untuk berkomunikasi para anggota pramuka menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang sudah disepakati bersama. (Zulfan Mauludin)***

komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: