METRUM
Jelajah Komunitas

Si Candu yang Bernama Nikotin

NIKOTIN merupakan senyawa organik yang dapat ditemukan di dalam rokok, jadi tentu kalian sering mendengar kata “nikotin”, memang nikotin itu erat kaitanya dengan rokok, tetapi sebenarnya apa sih nikotin itu? Kenapa bikin orang kecanduan dan apakah berbahaya?

Nikotin

Nikotin itu senyawa organik kelompok alkaloid, kelompok alkaloid adalah senyawa yang mengandung nitrogen, yang dibuat oleh beberapa jenis tanaman seperti terong terongan, solanaceae dan termasuk tanaman tembakau. Itu juga diproduksi secara sintetis.

Nicotiana tabacum, jenis nikotin yang ditemukan pada tanaman tembakau, berasal dari keluarga nightshade. Paprika merah, terong, tomat, dan kentang adalah contoh dari keluarga nightshade.

Jadi nikotin tidak hanya berasal dari tembakau, bahkan kita dapat menemukan nikotin dari sayuran, meskipun kandunganya di bawah 200 nanogram per gram.

Efek Nikotin

Ketika nikotin masuk kedalam tubuh, tubuh akan terkena suatu “tendangan’, kemudian hal inilah yang merangsang kelenjar adrenal, sehingga menghasilkan adrenalin.

Lonjakan adrenalin ini merangsang tubuh. Ada pelepasan glukosa segera, serta peningkatan denyut jantung, aktivitas pernapasan, dan tekanan darah.

Nikotin juga membuat pankreas memproduksi lebih sedikit insulin, menyebabkan sedikit peningkatan gula darah atau glukosa.

Secara tidak langsung, nikotin menyebabkan pelepasan dopamin di area kesenangan dan motivasi otak. Efek serupa terjadi ketika orang menggunakan heroin atau kokain. Pengguna narkoba mengalami sensasi yang menyenangkan.

Adiksi

Perlu diketahui bahwa nikotin tidak bisa dikatakan sangat berbahaya  apalagi menyebabkan kanker, tetapi nikotin sangat membuat ketagihan dan membuat orang terkena efek ketergantungan tembakau yang sangat berbahaya.

Bahaya Rokok

Tetapi dalam rokok, ada kandungan lain yang dinamakan Tar. Tar adalah zat kimia yang dihasilkan dari tembakau yang dibakar. Dan ini berbahaya bagi tubuh, karena tar memiliki sifat karsinogenik atau dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Tar juga bisa menumpuk di gigi sehingga dapat menyebabkan gigi kuning atau kecokelatan. Bahkan, apabila tar telalu banyak masuk ke paru-paru akan menyebabkan penyakit paru-paru.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin kita menghindari bahaya rokok, dengan cara tidak merokok dan tidak berada di sekitar orang yang merokok. (Mohamad Alfin Ramadian/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: