METRUM
Jelajah Komunitas

Sulit Menelan Pil? Begini Cara yang Tepat Menurut Ahli

TAK sedikit orang yang kesulitan untuk menelan pil obat, baik itu dewasa maupun anak-anak. Berdasarkan studi dalam jurnal Pediactrics, ditemukan bahwa lebih dari 50 persen anak-anak tidak dapat menelan pil.

Sementara itu, studi dalam European Journal of Clinical Pharmacology, 30 persen orang dewasa juga tidak bisa menelan pil.

Seorang terapis berlisensi dan ahli hipnotis di New York, Wendy Tedesco, berpendapat jika tidak dapat menelan kapsul atau pil bisa berakibat pada mental. “Ini adalah masalah besar bagi sebagian orang,” ujarnya dikutip dari¬†nypost.com.

Ia mengembangkan teknik ini sekitar 10 tahun lalu, saat kesulitan menelan beberapa obat pahit miliknya.

Langkah pertama, jelas Tedesco, tempelkan pil di lidah terlebih dulu, kemudian longgarkan mulut dan menambahkan air untuk membuat pil mengambang.

Langkah selanjutnya adalah menggerakan kepala ke belakang seperti burung pelikan memakan ikan. “Anda harus melonggarkan kerongkongan seperti sebelum berolahraga,” jelasnya.

Tahap terakhir adalah menguatkan tekad mereka dengan mengambil dan meletakan pil di lidahnya. “Para pasien biasanya akan menggunakan permen kecil, kemudian ke tahap cokelat M & Ms kecil, M & Ms ukuran besar, dan Tic Tac,” katanya.

Banyak pasien yang percaya diri untuk menelan pilnya setelah mengikuti pelatihan dari Tedesco. Tedesco sendiri mematok biaya US$ atau Rp3,1 juta per sesi. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: