METRUM
Jelajah Komunitas

Tiga Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Langlangbuana Latih Mahasiswa Kemampuan Komunikasi Digital

KOTA BANDUNG (METRUM) – Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Langlangbuana (Unla) Bandung bekerjasama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unla menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema “Komunikasi Digital di Era 4.0”.

Kegiatan dilaksanakan pada Kamis, 23 Juni 2023 via Zoom Meeting.

Hadir sebagai narasumber Ketua Umum Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia (Perhumani) yang juga Akademisi FISIP Universitas Langlangbuana Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.H, S.IP, M.I.Kom, Dosen Sosiologi Komunikasi FISIP Firman Alamsyah. T.R, S.Sos., M.SI dan Wakil Dekan II Fisip Unla Dina Alamianti, S.Sos., M.I.Kom.

Ahmad Zakiyuddin dalam makalahnya mengungkapkan komunikasi digital yang efektif jika pesan dapat diterima dengan baik, ditindaklanjuti dalam perbuatan sukarela dan meningkatkan kualitas hubungan antarpribadi.

Selanjutnya di tempat yang sama Firman Alamsyah menjelaskan komunikasi digital di era 4.0 yaitu era digitalisasi adalah zaman dimana sesuatu serba digital.

“Semua hal dapat kita lakukan dengan bantuan teknologi canggih serta akses internet yang dapat di gunakan dimanapun dan kapanpun,” ungkap Firman.

Firman menambahkan, kemajuan peradaban manusia dapat terlihat juga melalui kemajuan teknologi.

Di sisi lain Wakil Dekan II Dina dalam paparannya lebih menjelaskan mengenai Era Digital 4.0 vs Society 5.0.

Menurut Dina, Society 5.0 adalah visi masa depan yang menitikberatkan pada penerapan teknologi tinggi seperti IoT dan AI untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai sektor, serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan membantu mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Dalam Society 5.0, masyarakat yang dapat menyelesaikan berbagai tatanan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan beragam inovasi yang lahir di era revolusi industri 4.0,” pungkas Dina.***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.