METRUM
Jelajah Komunitas

Tour de Turkey 2023: Nico Denz Unggul Sprint Etape V, Lutsenko Kokoh Kuasai Klasemen

BODRUN, TURKI (METRUM) – Persaingan adu sprint finis pada tiga etape datar balap sepeda Presidential Tour de Turkey (TdT) 2023 yang selalu didominasi sprinter rangking 1, Jasper Philipsen (Alpecin Deceuninck) akhirnya terhenti pada etape V menempuh rute perbukitan (Marmaris – Bodrun 180 km), Kamis (12/10/2023).

Sprinter asal Jerman Nico Denz (29) dari tim Bora Hansgrohe bersama rekan setimnya Matthew Walls (Bora Hansgrohe/Inggris) bekerja sama menang adu sprint masal, finis 1-2 diikuti tempat ketiga oleh Cees Bol (Astana Qazaqstan/Belanda) dan peloton besar dengan waktu sama 4 jam 26 menit 27 detik.

Sukses Nico Denz merebut etape V karena merupakan sprinter papan atas yang disegani, reputasinya tak diragukan kemampuan sprintnya telah membawanya merebut dua etape Giro d’ Italia 2023 melalui adu sprint.

Pada etape ini sprinter Jasper Philipsen (Alpecin/Belgia) pemegang kaus hijau (king of sprint) yang telah memenangi tiga etape harus puas finis urutan ke-86 di tengah peloton sedangkan pimpinan klasemen Alexey Lutsenko (Astana/Kazakstan) finis urutan ke-11 dengan waktu sama dengan Denz pemenang etape V.

Dengan demikian tak ada perubahan di klasemen umum, Alexey Lutsenko (Astana) pemegang kaus merah bata tak tegoyahkan memimpin klasemen hingga etape V dengan keunggulan 16 detik atas Ben Swiehoff (Bora/Jerman).

“Pada etape V ini saya tidak bisa bersaing adu sprint finis karena rute etape perbukitan ini sejak awal sudah menanjak lumayan berat kategori 1 (788 m) dan 3 (604 m) pada 115 km, menguras tenaga sehingga mendekati finis pada 10 km terakhir saya tidak mampu lagi bersaing untuk sprint finis,” jelas Jasper Philipsen, sprinter tim Alpecin yang tahun ini pada Tour de France (TdF) 2023 merebut tiga etape dan mendapat gelar king of sprint (kaus hijau).

Klasemen hingga etape V:

  1. Alexey Lutsenko (Astana Qazaqstan/Kazakstan) 18 jam 49 menit 20 detik
  2. Ben Zwiehoff (Bora Hansgrohe/Jerman) + 16 detik
  3. Harold Tejada (Astana Qazaqstan/Kolombia) + 33 detik
  4. Florian Ripowitz (Bora Hansgrohe/Jerman) + 58 detik
  5. Matteo Badilatti (Q36.5 Pro/ Swiss) + 1 menit 5 detik
Preview profil rute etape VI tanjakan, Bodrun-Selcuk 193 km, Jumat (13/10/2023).*

Jumat (13/10/2023) etape VI menempuh rute tanjakan terakhir dari Bodum ke Celcuk 193 km, finis di tanjakan kategori 1 Meryem Ana Zirve (426 m). Peluang terakhir bagi para atlet rangking atas untuk berupaya merubah posisi pimpinan klasemen yang dikuasai juara Asian Games Guangzhou 2023, Alexey Lutsenko (Astana/Kazakstan). Namun Lutsenko dengan dukungan tim Astana bertekad akan bekerja maksimal mempertahankan kaus merah bata.

“Saya akan tampil maksimal bersama dukungan tim Astana mempertahankan pimpinan klasemen hingga etape terakhir (VIII) hari Minggu ini,“ ungkap Lutsenko pada Eurosport. (Bambang Kunthady)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d