METRUM
Jelajah Komunitas

4 Mitos Fitness yang Bikin Kamu Enggan Pergi ke Gym

GYM merupakan tempat yang praktis untuk berolahraga, karena alat-alat yang disediakan sudah lengkap, akan tetapi masih banyak mitos dalam dunia fitness, yang membuat orang enggan pergi ke gym. Berikut 4 mitos yang perlu kamu ketahui.

1. Bikin Pendek

Orang sedang melakukan squat (Foto: unsplash.com).*

Banyak orang yang masih kurang pengetahuan mengenai dunia olahraga, salah satunya dengan tersebarnya informasi tentang angkat beban yang akan membuat badan kita pendek. Kita setidaknya pernah mendengar pernyataan itu, tetapi faktanya, angkat beban tidak akan mempengaruhi tinggi badan kita. Tinggi badan seseorang ditentukan oleh gen masing masing,

Menurut Chao-Qiang Lai dari Tufts University, sekitar 60-80% perbedaan tinggi badan antar individu ditentukan oleh faktor genetik, sedangkan 20-40% dipengaruhi oleh faktor lingkungan, terutama nutrisi.

2. Gym Hanya untuk yang Berotot Kekar

Sebagian orang yang enggan pergi ke Gym dengan alasan, tidak mau memiliki badan kekar seperti Ade Rai, mendengar kata Gym, terlintas bayangan akan orang orang yang bertubuh kekar, tapi sebenarnya, masih banyak orang orang yang hanya melakukan olahraga ringan di Gym, hanya untuk menjaga kebugarannya saja.

Kita bisa datang ke Gym, dan hanya melakukan olahraga kardio. Karena sebenarnya untuk mendapatkan masa otot yang tebal, dibutuhkan waktu yang sangat lama, binaragawan pun setidaknya menghabiskan paling sedikit 3 tahun untuk memulai karirnya.

3. Membuat Wanita Akan Berotot Besar

Gambar wanita dengan badan ideal (Foto: unsplash.com).*

Wanita terlahir dengan jumlah hormon testosteron yang berbeda dengan laki laki. Testosteron berfungsi sebagai homon yang membentuk otot, inilah yang menyebabkan wanita tidak akan memiliki otot seperti pria. Meski demikian, tetap ada wanita yang lahir dengan jumlah hormon testosteron yang lebih tinggi, dibandingkan dengan wanita pada umumnya.

Oleh sebab itu, ada wanita yang memiliki suara berat dan badan yang berotot, dan juga ada asupan khusus apabila ingin membuat masa otot yang lebih besar, hal ini biasa dilakukan oleh binaragawati.

4. Sit-up Akan Menghilangkan Perut Buncit

Sit up atau crunch dinilai efektif untuk menghilangkan perut buncit, tapi faktanya hal itu tidak benar. Perut yang buncit diakibatkan oleh adanya tumpukan lemak di otot bagian perut, lantas melakukan sit up atau crunch, hanya akan menambah masa otot perut, yang akan membuat perut terlihat lebih besar. Langkah yang paling benar adalah dengan menjaga pola makan, pola tidur dan melakukan interval training, sehingga kadar lemak dalam tubuh berkurang.

Itulah beberapa mitos yang membuat orang orang jadi enggan untuk pergi ke gym. Apakah kamu salah satu orang yang sempat percaya akan mitos-mitos tersebut? (Mohamad Alfin Ramadian/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.