METRUM
Jelajah Komunitas

5 Ide Bisnis Modal Kecil yang Cocok untuk Mahasiswa

ANDA masih mahasiswa? Apa bisnis yang cocok untuk mahasiswa? Mahasiswa di zaman sekarang tentu dituntut untuk lebih kreatif. Tidak cukup jika hanya kuliah, belajar, dan berorganisasi saja. Selain mempersiapkan bekal menuju dunia karir, tidak ada salahnya jika mahasiswa belajar berbisnis juga.

Siapa tahu profesi ini yang nantinya akan digeluti di masa depan. Tidak ada salahnya menjalankan kuliah sekaligus berbisnis. Saat ini ada beragam bisnis yang bisa dijalankan oleh mahasiswa, terlebih bisnis online.

Seorang mahasiswa kini dituntut untuk kreatif agar bisa hidup mandiri dan tidak hanya mengandalkan uang dari orang tua saja. Masa-masa saat berkuliah ini malah bisa menjadi waktu yang tepat bagi para mahasiswa untuk memulai sebuah bisnis.

Bisa dikatakan bahwa bisnis bagi mahasiswa bukan sekedar bisnis sampingan untuk menambah uang saku saja, namun juga sebagai modal pengalaman setelah lulus kuliah juga. Agar bisnis online bisa berjalan dengan lancar, tentu seorang mahasiswa harus jeli mencari peluang dan berani mengambil risiko.

Ada beberapa bisnis yang bisa dijalankan oleh mahasiswa. Tentu bisa disesuaikan dengan minat, keterampilan, maupun bakat. Simak beberapa ide bisnis online tanpa modal yang cocok dijalankan oleh mahasiswa berikut ini.

1. Menjual barang secara online

Ilustrasi (Foto: bisnisrumahan.web.id).*

Peluang bisnis online mahasiswa pertama yang bisa dilakukan ialah membuat toko online. Anda bisa menjual berbagai macam barang, seperti baju, sepatu, makanan, aksesoris, pernak-pernik, dan masih banyak lainnya. Mungkin Anda akan bertanya, dimana sebaiknya Anda berjualan?

Tentu toko online yang Anda buat ini tidak hanya menargetkan kepada teman-teman di kampus saja, namun kepada pelanggan lain yang lebih luas lagi. Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur media sosial maupun marketplace tersebut secara maksimal.

Anda juga bisa menjual produk sendiri secara online.

Saat ini ada banyak produk yang bisa dijual di internet. Bahkan, sekarang hampir seluruh produk bisa dijual di internet, mulai dari makanan, pakaian, peralatan dapur, perkakas, produk elektronik, produk IT, dan masih banyak lainnya.

Coba pilih salah satu produk yang memang Anda minati. Biasanya bisnis akan lebih mudah sukses apabila sesuai dengan passion atau hobi karena Anda akan lebih semangat dalam menjalankannya. Jika belum memiliki modal untuk membeli produk-produk yang akan dijual, Anda bisa memanfaatkan sistem reseller dan dropship yang banyak ditawarkan oleh toko online lain.

Ada berbagai tools yang bisa dimanfaatkan di internet untuk berjualan produk, seperti website, media sosial, atau marketplace. Anda bisa membuat website khusus toko online untuk berjualan dan melakukan promosi. Saat ini banyak penyedia jasa pembuatan website toko online yang mematok tarif murah.

Selain itu, media sosial juga manfaatnya masih sangat besar dalam melakukan promosi. Beberapa media sosial yang cocok dipakai untuk berjualan antara lain Facebook, Twitter, dan Instagram. Terlebih saat ini ada juga fitur beriklan di media sosial yang bisa mempercepat pertumbuhan bisnis. Selain itu, chat messenger seperti Line juga cocok digunakan untuk berbisnis.

Beberapa media sosial dan chat messenger memang menyediakan fitur khusus untuk pebisnis. Untuk marketplace, saat ini ada dua marketplace yang sedang digandrungi oleh masyarakat, yaitu Bukalapak dan Tokopedia. Anda bisa memasang produk Anda di beberapa marketplace untuk melakukan promosi.

Intinya, manfaatkan berbagai tools di internet semaksimal mungkin untuk melakukan promosi. Untuk menarik pelanggan, mungkin Anda bisa mengadakan program diskon, giveaway, dan lainnya.

2. Berbisnis pulsa elektrik

Banyak mahasiswa yang memilih bisnis satu ini karena modal yang dibutuhkan memang tidak terlalu besar. Walau bisnis dengan modal kecil, namun keuntungannya lumayan apabila dikelola dengan baik dan tekun.

Apabila tidak memiliki modal, Anda bisa mencoba dengan membeli pulsa dalam nominal kecil terlebih dahulu. Anggap saja membeli pulsa untuk diri sendiri.

Jika dihitung-hitung, keuntungan dari berbisnis ini sekitar Rp500 – Rp1500 setiap sekali penjualan pulsa. Tentu saja saat ini banyak orang yang membutuhkan pulsa, sehingga segmen pasarnya sangat luas.

Namun ingat bahwa semua bisnis akan berisiko, termasuk bisnis ini. Anda harus bersiap dengan konsekuensi masalah penagihan, terlebih jika pelanggan yang membeli pulsa ialah teman dekat maupun keluarga. Anda harus tegas untuk menagih pulsa elektrik yang mereka beli.

3. Berjualan Makanan Kecil

Camilan (Foto: berwirausaha.net).*

Bisnis yang satu ini juga tepat dilakukan karena banyak orang suka dengan camilan atau makanan kecil. Makanan kecil juga dibutuhkan untuk mengganjal perut yang lapar pada saat sedang kuliah. Anda bisa berjualan makanan kecil di kampus terlebih dahulu.

Tentu target pembeli dari bisnis ini ialah teman-teman Anda, terlebih mahasiswa yang sering merasa malas ke kantin karena jauh dari ruang kuliah. Anda bisa menjual berbagai makanan kecil seperti snack, kue basah, kue kering, hingga air mineral.

4. Membuka Jasa

Anda memiliki keahlian khusus yang menjual? Misalnya saja kemampuan mendesain, programming, menulis, menerjemahkan bahasa, marketing, data entry, dan masih banyak lainnya. Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, Anda bisa mempromosikan keahlian melalui online. Mulai dari sekarang coba branding diri Anda di internet, bisa melalui media sosial atau blog.

Dengan mempromosikan diri, maka orang lain bisa mengetahui keahlian yang Anda miliki. Selain itu, coba kurangi membuat status yang kurang penting di media sosial. Hal ini dilakukan agar profil Anda bisa terlihat profesional di mata orang lain.

Mungkin berbicara bahwa Anda ahli sesuatu saja tidak cukup, namun Anda harus menunjukkan karya tersebut kepada orang lain. Coba posting seluruh hasil karya Anda tersebut di media sosial atau blog.

Tidak harus semua, namun beberapa karya yang Anda anggap paling baik saja. Anda juga bisa langsung menawarkan jasa dengan tarif yang sudah ditentukan.

Namun jika masih belum ada respon dari banyak orang, Anda bisa melakukan jemput bola alias menawarkan terlebih dahulu.

Coba tawarkan jasa Anda kepada orang-orang atau badan usaha yang berpotensi membutuhkan jasa tersebut. Anda bisa juga dengan bergabung pada beberapa platform online pekerja freelance yang saat ini banyak tersedia. Biasanya di platform seperti itu Anda akan mudah mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill. Koneksi serta relasi Anda juga bisa semakin bertambah dengan bergabung di forum-forum yang berhubungan dengan pekerjaan Anda.

Apabila Anda ingin lebih terlihat serius dalam bisnis jasa seperti ini, Anda bisa membuat website khusus bisnis (bukan website perorangan) agar terlihat lebih profesional. Setelah memiliki website khusus, Anda bisa menambahkan beberapa media sosial yang akan semakin menunjang promosi.

5. Melakoni Profesi Blogger

Ilustrasi blogger (dominiquej.com.).*

Saat ini profesi blogger tidak bisa diremehkan. Banyak blogger yang menghasilkan banyak uang hanya dari keuletan mereka memposting artikel bermanfaat untuk banyak orang. Coba pilih beberapa topik yang sekiranya Anda minati, seperti food, traveling, lifestyle, otomotif, fashion, beauty, dan masih banyak lainnya.

Untuk menjadi seorang blogger, Anda memerlukan kemampuan menulis, fotografi dasar, dan mengoperasikan sebuah blog atau website. Anda harus memposting artikel secara rutin, kemudian membagikannya agar semakin banyak orang yang membaca. Jika ingin mendapatkan hasil dalam waktu yang lebih cepat, coba daftarkan blog Anda ke beberapa afiliasi yang menguntungkan. (Yudi Kurnia/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.