METRUM
Jelajah Komunitas

5 Rekomendasi Makanan Khas Majalengka

DESTINASI wisata di Kabupaten Majalengka begitu menarik untuk dikunjungi ketika libur panjang tiba. Sebut saja Cadas Gantung, Terasering Panyaweuyan, Paraland Gunung Panten, dan masih banyak lagi.

Akan Tetapi, sebenarnya, bukan hanya tentang tempat wisata saja yang ada di Majalengka. Ada beberapa kelebihan lain misalnya saja dalam hal kuliner. Jajanan kabupaten Majalengka sangat kaya dengan makanan-makanan yang bisa membuat lidah kalian bergoyang.

1. Kerupuk Melarat (Miskin)

Cukup kerupuk aja yang melarat, dompet kita mah jangan. Melarat sendiri adalah kata yang berasal dari bahasa Sunda, dalam bahasa Indonesia artinya miskin.

Kerupuk melarat (tokopedia.com).*

Kerupuk Melarat merupakan kerupuk yang digoreng tidak menggunakan minyak melainkan dimasak menggunakan pasir panas. Hal inilah yang nantinya akan membuat krupuk jadi mengembang. Kerupuk ini lebih nikmat disantap jika dibarengi dengan lotek atau makanan sejenis lainnya.

Kata melarat dilekatkan, karena proses penggorengannya tidak menggunakan minyak goreng melainkan memakai pasir.

2. Rangginang Khas Majalengka

Rangginang atau dalam Bahasa Indonesia disebut rengginang merupakan makanan yang lumrah ditemukan di setiap kabupaten di Jawa Barat termasuk Majalengka. Rengginang sudah menjadi ciri khas dan dianggap sebagai cemilan utama didalam toples ketika hari raya tiba.

Di Majalengka sendiri, rengginang memiliki rasa yang cukup berbeda dibandingkan dengan kabupaten lain yaitu rasa ingin memiliki asin terasi yang khas dan kerenyahannya.

3. Jalabria

Jalabria salah satu cemilan manis (semanis janji-janji dia) khas Majalengka. Jalabria ini terbuat dari ketan hitam yang digoreng kemudian dicelupkan atau ditaburi gula.

Jalabria khas Majalengka (Sumber: Instagram/@umiyulia76).*

Bentuk yang lebih lazim ditemui di sekitar kita yaitu yang bentuknya bulat dan bolong ditengahnya. Jalabria jenis ini biasa disebut juga dengan kue cincin.

4. Intriwiling

Intriwiling (Sumber: budaya-indonesia.org).*

Intriwiling, makanan khas Majalengka yang satu ini memang terdengar lucu namanya. Intriwiling sendiri merupakan salah satu makanan yang terbuat dari singkong yang ditaburi oleh parutan kelapa.

5. Lotek Majalengka

Lotek adalah makanan khas Majalengka selanjutnya, makanan yang menjadikan bahan utamanya sayur, sambal kacang, dan lontong ini mampu mengisi perut kamu yang sedang rebut dan kacau akibat demo dari para penghuninya.

Lotek Majalengka (Sumber: putratravel.net).*

Makanan ini sangat mudah ditemui di Majalengka karena banyak penjual di pinggir jalan yang menyediakan makanan yang dipenuhi sayur-sayuran ini. (Detik Wahyuni)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: