6 Perilaku Generasi Milenial Terkait Belanja Daring
BELANJA online atau daring semakin diminati setiap kalangan terutama generasi milenial. Menurut data Badan Pusat Statistik, populasi generasi milenial mencapai 32 persen dari total keseluruhan populasi. Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga menjadi 50-60 persen di tahun 2020 mendatang.
Mengutip dari Siaran Pers riset Nielsen, Kamis 15 Februari 2018 lalu, jumlah pengguna milenial meningkat hingga 5 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.
“Dengan generasi milenial sebagai pembawa perubahan bagi dunia digital dan merupakan salah satu penggerak utama di industri e-commerce, hal ini menjadi semakin penting dan efektif untuk terlibat bersama mereka, untuk menumbuhkan e-commerce di Indonesia,” ujar Rezki Yanuar, Brand Manager Shopee Indonesia.
Hingga akhir Oktober 2017, 95 persen akses Shopee dilakukan melalui aplikasi mobile. Menurut data McKinsey 2017, Indonesia disinyalir akan menjadi negara m-commerce terbesar ketiga di dunia.
Berdasarkan data Shopee, berikut beberapa perilaku belanja daring oleh generasi milenial:
- Metode pembayaran paling favorit dilakukan melalui ATM/ transfer bank.
- Transaksi paling banyak dilakukan setiap Senin di tanggal muda.
- Waktu akses tertinggi terjadi pukul 11.00-14.00 dan 18.00-19.00.
- Jumlah live-chat meningkat 80 persen di jam aktif.
- Top kategori didominasi fesyen wanita, perawatan dan kecantikan, dan fesyen muslim.
- Kategori paling meningkat antara lain tas pria, otomatif, dan elektronik.(M1)***
Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.