METRUM
Jelajah Komunitas

Agar Gaji Tak Cepat Habis, Begini Caranya!

TENGAH bulan kelabakan. Uang simpanan dari gaji bulanan ternyata sudah menipis, bahkan habis. Padahal Anda merasa tak menghabiskan uang banyak dalam satu bulan ini.

Hal seperti ini banyak dialami orang yang tidak biasa merencanakan keuangan. Memang, mengendalikan dan bagaimana cara mengetahui ke mana pengeluaran gaji Anda selama ini bukan perkara mudah.

Lalu, bagaimana Anda memulainya?

Dilansir dari laman themuse, cobalah empat langkah sederhana ini untuk membantu Anda memahami pembelanjaan Anda, menyederhanakan keuangan Anda, dan bahkan menyimpan sedikit lebih banyak dalam akun bank setiap bulannya.

Deposito Langsung

Jika Anda tidak menerima gaji Anda dengan deposit, Anda membuang-buang waktu hanya untuk mengantre.

Namun, jika cek masuk ke dalam akun Anda pada hari gajian, Anda akan tahu kemana uang itu pergi, dan Anda tidak perlu khawatir menyetorkannya ke bank sebelum ditutup pada hari Jumat.

Untuk menyederhanakan keuangan Anda, siapkan tabungan otomatis untuk mengalihkan sebagian dari gaji Anda ke rekening tabungan atau pensiun.

Hubungi bank Anda untuk mendapatkan informasi tentang rekening tabungan berjangka. Setelah Anda memutuskan pilihan terbaik untuk Anda, setidaknya $50 atau Rp500 ribu untuk akun tabungan atau pensiun setiap bulannya.

Auto Bayar

Anda mungkin memiliki banyak tagihan bulanan, tapi bagaimana pun, Anda harus tetap melakukan pembayaran.

Siapkan pembayaran otomatis, baik melalui penyedia layanan Anda secara langsung atau melalui pembayaran tagihan online bank Anda, dan Anda akan berhenti khawatir tentang biaya keterlambatan.

Menurut David Bach, guru keuangan Today Show, mengotomatisasi keuangan Anda adalah keputusan terbaik yang dapat Anda buat untuk uang Anda.

Lacak Biaya

Mari kita hadapi: Anda mungkin lupa tentang banyaknya gesekan kecil yang Anda buat beberapa kali dalam seminggu, makan di luar, bensin, bahkan Starbucks, bisa membuat Anda bertanya-tanya di mana semua uang Anda pada akhir bulan.

Jadi, bagaimana cara terbaik untuk melacak segala hal ini?

Ada banyak alat di luar sana yang membuatnya sangat mudah untuk melacak apa yang Anda belanjakan.

Situs seperti Mint.com atau LearnVest secara otomatis akan menarik informasi dari rekening bank, kartu kredit, rekening pensiun, dan pinjaman Anda untuk menganalisis kemana uang Anda.

Kedua situs ini juga memiliki alat untuk membantu Anda menetapkan anggaran bulanan, memberikan sasaran tabungan, menemukan kiat menghemat uang, dan banyak lagi.

Review di akhir bulan

Salah satu bagian penganggaran yang paling penting adalah mengevaluasi bagaimana Anda menyesuaikan anggaran sesuai kebutuhan.

Jadi, pada akhir bulan, duduklah dan tinjau kembali ke mana gaji selama ini.

  • Berapa banyak yang Anda habiskan untuk makan di luar?
  • Apakah Anda membayar tagihan Anda tepat waktu?
  • Apakah Anda memiliki sisa uang yang bisa Anda simpan atau simpan di kartu kredit?

Ketika Anda duduk untuk membandingkan anggaran Anda dengan biaya aktual Anda untuk pertama kalinya, mungkin Anda akan terkejut melihat berapa angka yang Anda habiskan.

Namun, jujur dengan diri sendiri adalah satu-satunya cara Anda bisa maju, menetapkan tujuan yang dapat dicapai, dan sampai pada jalan menuju masa depan finansial yang aman. (M1)***

komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: