METRUM
Jelajah Komunitas

Amerika Upayakan 4 Pesawat Pengintai Tanpa Awak Termodern Bagi Taiwan

TAIWAN, ROC – Media Reuters pada Kamis (6/8/2020) waktu setempat memberitakan ada 6 informan Amerika yang menyebutkan jika pihak Amerika kini tengah melakukan negosiasi berkenaan dengan kemungkinan terlaksananya program penjualan 6 pesawat pengintai tanpa awak berukuran besar termodern bagi Taiwan, namun negosiasi program terkait tentu akan meningkatkan ketegangan hubungan antara Amerika dan Daratan Tiongkok.

Adapun pesawat pengintai tanpa awak jenis SeaGuardian, mampu melakukan penerbangan sejauh 6 ribu mil laut atau sekitar 11.100 km, yang mana jauh melampaui pesawat pengintai tanpa awak yang kini dimiliki oleh Taiwan, yang hanya mampu terbang sejauh 160 mil laut atau sekitar 300 km.

Informan terkait membeberkan jika Kementerian Luar Negeri Amerika secara tidak langsung telah menganggukkan kepala untuk program penjualan pesawat pengintai tersebut kepada Taiwan, namun hingga kini masih belum ada pejabat pemeritah yang secara resmi memberikan pernyataan terkait.

Dari dua informan diketahui jika program penjualan pesawat pengintai tanpa awak tersebut harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari Kongres Amerika, yang diprediksi paling cepat akan dibahas pada bulan September mendatang.

Dari salah seorang informan lainnya, pada awal tahun ini Taiwan telah mengajukan program pembelian pesawat pengintai tanpa awak kepada pihak Amerika, dan pihak Amerika telah memberikan laporan penawaran harga dan data informasi terkait.

Jika merujuk kepada data sebelumnya, 4 pesawat pengintai tanpa awak tersebut, bernilai total sebesar US$ 600 juta atau setara NT$ 17,6 milyar. Selain itu, dalam surat perjanjian juga mengizinkan penjualan pesawat lebih dari yang diajukan.

Amerika disebutkan selalu memberikan dukungan penjualan alutsista kepada Taiwan, namun penjualan pesawat pengintai tanpa awak kali ini mendapatkan perhatian dari khalayak umum, hal ini dikarenakan pesawat sejenis hanya dapat dibeli oleh negara Inggris, Italia, Australia, Jepang dan Korea Selatan, yang mana adalah negara aliansi Amerika Serikat. (M1-RTI)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.