METRUM
Jelajah Komunitas

Apa itu Penyakit Crohn? Begini Cara Temukan Gejalanya

JUMLAH korban yang ditimbulkan oleh penyakit Crohn semakin banyak. Meski demikian, masih banyak yang belum tahu penyebab terserang crohn dan bagaimana mengenal gejala penyakit ini.

Tapi, apa sebenarnya penyakit Crohn ini?

Dilansir dari Independent, Inflammatory Bowel Disease (IBD) Crohn adalah kondisi kronis yang menyebabkan peradangan pada sistem pencernaan, yang membuat penderita mengalami berbagai gejala yang dapat menghambatnya untuk hidup sehari-hari, jika tidak diobati dengan obat yang tepat.

Menurut Crohn’s and Colitis UK, ada 300.000 warga Inggris yang didiagnosis dengan IBD atau bentuk umum lainnya adalah Ulcerative Colitis.

Meski saat ini gejala dapat diobati, tetapi belum diketahui apa obat yang dapat menyembuhkannya.

Apa gejalanya?

Gejalanya bervariasi tetapi bisa termasuk diare, kelelahan ekstrem dan nyeri hebat.

Penyakit ini biasanya mulai menyerang di masa kanak-kanak atau awal masa dewasa, menurut NHS.

Dalam beberapa kasus, obat-obatan untuk Crohn dapat menyebabkan efek samping tambahan, seperti penambahan berat badan dan radang sendi.

Selama gejala dibantu dengan obat yang tepat, hidup dengan Crohn dapat dikendalikan.

Namun, gejala dapat bergejolak pada interval sporadis yang kemudian dapat memengaruhi pekerjaan dan kehidupan sosial Anda.

Bagaimana cara perawatannya?

Saat ini penyakit tersebut belum dapat disembuhkan. Beberapa obat dirancang hanya untuk mengurangi peradangan pada sistem pencernaan, seperti steroid.

Terkadang tindakan bedah diperlukan untuk menghilangkan sebagian kecil rasa sakit yang berasal dari sistem pencernaan.

Apa penyebabnya?

Penyebab pasti Crohn saat ini belum diketahui. Namun, para profesional medis berspekulasi jika permasalah tersebut ada hubungannya dengan faktor genetik atau sistem kekebalan tubuh.

Dalam hal pilihan gaya hidup, situs NHS menyatakan bahwa merokok mungkin juga memiliki peran.

Meski belum ada bukti yang menunjukkan bahwa hal itu dapat menyebabkan kondisi tersebut.

Bagaimana cara diagnosa?

Jika Anda mengalami gejala seperti diare berkepanjangan, seringnya sakit perut dan penurunan berat badan yang tidak terduga, Anda sangat disarankan untuk menemui dokter umum, yang akan dapat melakukan tes untuk memeriksa penyakit Crohn.

Namun, karena gejala yang mirip dengan kebanyakan kondisi medis lainnya, diagnosis untuk Crohn dapat menjadi sulit dan kadang sering tertunda.

Oleh karena itu, jika Anda merasakan gejala tersebut lebih baik merujuk untuk bertemu gastroenterologist yang kemudian dapat melakukan sejumlah tes spesialis tambahan seperti scan MRI, kolonoskopi dan biopsi.

Di mana potongan-potongan kecil usus dikeluarkan dan selanjutnya diperiksa.***

komentar

Tinggalkan Balasan