METRUM
Jelajah Komunitas

Asyiknya Bazar Virtual di Festival Gajah Merdeka

SEBELUMNYA apa kalian tahu apa itu bazar virtual? Festival Virtual Gajah Merdeka? Ini lho, yang lagi diselenggarakan para alumni ITB mulai dari 11-17 Agustus 2021. Jadi penasaran kan? Yuk kita bahas!

Festival Virtual Gajah Merdeka merupakan simpul kebersamaan Alumni ITB dalam menghadapi bencana pandemi Covid-19, mengusung semangat kemenangan melawan Covid 19, merangkul seluruh alumni ITB untuk saling menjaga dan membantu bagi keluarga besar Alumni ITB yang terdampak virus Covid-19 secara langsung. Kegiatan ini merupakan insiasi Gajah Gembira yang berkolaborasi dengan ApGan, IA ITB dan seluruh Keluarga besar Alumni ITB.

Gajah Gembira dan ApGan berkolaborasi untuk merealisasikan gagasan baik ini sekaligus menjadikan Hari Kemerdekaan RI ke-76 sebagai momentum untuk bergembira.

Gajah Gembira adalah Komunitas Alumni ITB yang selalu ingin merayakan keberagaman dan kebersamaan alumni ITB melalui kegiatan yang membawa rasa gembira. Gajah Gembira bertujuan mempererat jaringan atau hubungan antaralumni

Sedangkan Aplikasi Ganesha (ApGan) adalah aplikasi yang dikembangkan untuk mewadahi berbagai usaha alumni ITB. ApGan dapat menjadi market-place, media crowd-funding, media untuk saling mendukung usaha alumni ITB.

Menurut Yanli Rachman selaku Ketua Koperasi Alumni Penduduk Ganesha yang mengelola Festival Virtual Gajah Merdeka, kegiatan ini pada dasarnya dibuat karena ingin mengadakan kegiatan seperti layaknya Pasar Seni ITB, sebuah kegiatan rutinitas 4 tahunan yang sudah dikenal masyarakat.

“Karena sekarang sedang masa pandemi dan tidak bisa membuat toko offline jadi dibuatlah pasar online atau bazar online secara virtual yang memberikan interaksi secara langsung dari penjual dan pembeli untuk bertransaksi,” ujar Yanli, alumni FSRD ITB Angkatan 1989.

Yanli menerangkan, kegiatan ini menggunakan ApGan. Melalui aplikasi ini, kita seolah-olah hadir di kampus ITB secara virtual, mengikuti perhelatan di lapangan basket, atau hanya sekedar nongkrong di booth yang tersedia, sembari belanja karya dan barang dagangan yang dijual teman.

“Aplikasi Ganesha tidak hanya aplikasi untuk jual beli tetapi juga untuk pengembangan produk. Bazar virtual ini mempunyai dunia yang membuat kita bisa jalan-jalan di kampus ITB. Tidak hanya itu bazar virtual banyak sekali spot tempat yang bisa kita kunjungi,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, transaksi dalam Festival Virtual Gajah Merdeka pada Bazaar online dilakukan dengan Aplikasi Ganesha. Aplikasi ini akan sangat nyaman digunakan jika memakai desktop PC atau laptop dengan browser Chrome dan ApGan bisa diunduh melalui playstore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.apgan.id dan juga Appstore https://apps.apple.com/id/app/apgan-aplikasi-ganesha/id1579445943

Patung gajah gembira (Dok. penulis).*

Bazar virtual yang diselenggarakan para alumni ITB selama sepekan ini terbuka untuk umum. Bagaimana cara kita memasuki, berkeliling, melihat, menonton, dan juga belanja di bazar virtual area kampus ITB ini? Tenang aja kalian bisa langsung klik link ini https://gather.town/app/bwqSPltSIQnI0B3Z/CampusCenterITBArea

Hadir yuk sekalian belanja produk kuliner, kesehatan/kecantikan, hasil tani/ternak/kebun, karya seni, kriya dan desain, karya inovasi dan teknologi, lihat-lihat dan belanja di gerai ApGan http://apgan.id

Selain bazar, dalam Festival Virtual Gajah Merdeka juga terdapat beragam kegiatan yang terdiri dari webinar, talkshow, anak band, seni suara, konser, kuliner, games dan berbagai lomba. Jadwal acara dapat dilihat di http://gajahgembira.com

Peta atau Map Bazar Virtual (Dok. penulis).*

Sementara itu, Stefanus Nofa, salah satu pendiri Koperasi Alumni Penduduk Ganesha yang bertanggungjawab pada bidang marketing dalam bazar virtual menjelaskan, perbedaan aplikasi ApGan dan aplikasi lainnya yaitu aplikasi marketplace social commerce untuk saling membantu UMKM produk lokal go digital dan membantu teman-teman alumni yang mengalami kesulitan dalam meningkatkan usahanya di saat pandemi seperti sekarang ini.

“Dengan platform digital pada bazar ini, kita berharap dapat membantu mencari langsung penjual yang kita inginkan untuk membeli produk tersebut. Dengan aplikasi ApGan penjual dan pembeli terjamin aman untuk melakukan transaksi karena ApGan itu menjadi dompet untuk prospek dalam bazar virtual ini,” tutur Nofa, alumni Jurusan Farmasi ITB angkatan 1991.

Nofa yang berprofesi sebagai apoteker ini menjelaskan, untuk menghindari maraknya penipuan dalam hal transaksi di dalam penjualan online, jual beli produk dalam bazar virtual harus menggunakan aplikasi ApGan.

Lebih jauh, keunggulan Bazar Virtual ApGan dalam Festival Virtual Gajah Merdeka yaitu:

  1. Kita memiliki karakter atau avatar yang lucu untuk berkeliling
  2. Kita bisa mengelilingi area kampus ITB secara virtual
  3. Kita bisa berinteraksi langsung dengan pembeli
  4. ApGan menyediakan kategori jasa
  5. Bisa pre-order produk
  6. Selain itu terdapat festival virtual yang menyediakan berbagai hiburan
  7. Menyediakan games games seperti domino, UNO, catur, dan permainan kartu lainnya

Nah, itu tadi pembahasan Festival Virtual Gajah Merdeka, semoga dengan adanya kegiatan ini, khususnya bazar virtual bisa turut membantu UMKM alumni dan masyarakat umum yang berwirausaha. Tunggu apa lagi? Yuk kita datang ke acara ini, waktunya hanya seminggu lho, jangan sampai ketinggalan! (Hanna Nursifa R dan Irma Nurlaila/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: