METRUM
Jelajah Komunitas

Buah Perjuangan, Tiara Andini Rilis Debut Album Berjudul ‘Tiara Andini’

PENYANYI cantik nan berbakat jebolan Indonesian Idol Tiara Andini merilis debut album penuhnya yang diberi judul, Tiara Andini. Album ini dirilis di bawah label rekaman Universal Music Indonesia pada tanggal 17 Desember 2021.

Dua hari sebelum album perdana Tiara Andini dirilis, Tiara sudah memberikan kejutan dan membanggakan para penggemarnya dengan keberhasilanya terpilih sebagai Spotify EQUAL Artist Indonesia untuk bulan Desember yang menjadikan wajah Tiara Andini terpampang di billboard New York’s Times Square, untuk merepresentasikan Indonesia. Selain itu karya Tiara Andini ditambahkan ke daftar putar unggulan global EQUAL, bersama dengan beberapa artis wanita luar biasa di seluruh dunia.

Tanggal 17 Desember menjadi hari yang indah tak hanya bagi Tiara Andini, Mootiara (sebutan fans Tiara Andini) dan publik Indonesia dengan hadirnya sebuah album yang begitu dinantikan dari penyanyi muda bersinar yang satu ini.

Di album perdana Tiara Andini ini, dia menggaet beberapa musisi dan pencipta hits kenamaan. Sebut saja Yovie Widianto, Laleilmanino, Asta RAN, Handy Soulvibe, Vidi Aldiano, hingga salah satu teman duetnya, Arsy Widianto.

Album ini diprediksi akan menjadi salah satu album paling ditunggu tahun ini, baik untuk para Mootiara dan masyarakat umum.

Album ini berisikan delapan lagu, lima diantaranya adalah lagu hits yang telah dirilis sebelumnya berjudul; Gemintang Hatiku, Maafkan Aku #TerlanjurMencinta, 365, Hadapi Berdua, dan Buktikan. Sementara, tiga lagu tambahan lainnya berjudul; Menjadi Dia, Merasa Indah, dan Janji Setia.

Menjadi Dia diciptakan oleh Arsy Widianto, diproduseri oleh Yovie Widianto dan Adrian Kitut. Sedangkan lagu Merasa Indah hasil ciptaan Yovie Widianto, dan diproduseri oleh Yovie Widianto bersama dengan Adrian Kitut. Untuk lagu terakhir, Janji Setia diciptakan Asta RAN, Handy Soulvibe, dan Tiara Andini. Bertindak sebagai produser adalah Asta RAN dan Handy Soulvibe.

“Senang banget akhirnya bisa rilis album. Menurutku ini sebuah hal yang sakral banget, karena kalau single kan sudah beberapa kali, dan ini adalah album pertama kalinya selama aku hidup, jadi sangat senang dengan pencapaian ini,” ujar Tiara.

Tiara menambahkan, kalau album ini menjadi buah dari perjuangannya bukan hanya sebagai penyanyi, tetapi selama menjalani hidup, dan ia sangat bersyukur atas itu, dengan harapan album ini dapat diterima oleh seluruh masyarakat yang mendengar.

“Aku sangat bersyukur punya teman-teman, keluarga, dan circle yang mendukung aku selama meniti karier sampai aku punya album. Semoga membawa pengaruh baik, dan dapat menginspirasi kalian,” katanya.

Tidak hanya Tiara saja yang merasa bahagia dengan dirilisnya album perdananya itu. Berbagai ucapan sukacita berdatangan dari para artis atau penyanyi. Mulai dari Yovie WIdianto, Laleilmanino, Vidi Aldiano, Maia Estianti, Ziva Magnolya, Rizky Febian, Lyodra, Mahalini, Kaleb J, Asta RAN, Titi DJ, hingga Marshel Widianto yang turut larut dalam kebahagiaan dengan dirilisnya album perdana Tiara Andini.

“Selamat untuk Tiara Andini, semoga debut albumnya mendapatkan sambutan baik dari seluruh masyarakat. Semua lagunya indah-indah, karya yang luar biasa bagus dari berbagai komposer hebat di negeri ini. Semoga menjadi jejak yang luar biasa buat kariernya ke depan,” ujar Yovie Widianto.

Tentang Lagu ‘Menjadi Dia’

Selain lima lagu yang telah menjadi hits sebelumnya, bersamaan dengan dirilisnya album ini, lagu Menjadi Dia dijadikan salah satu lagu jagoan terbaru. Lagu yang bertemakan cinta, romansa, dengan mengambil warna musik pop ballad yang manis untuk disajikan.

Lagu yang diciptakan oleh Arsy Widianto ini diaransemen dengan minimalis namun terdengar sangat apik, terutama penyajian suara instrument piano yang mendominasi. Nuansa sendu menyelimuti lagu ini. Sangat menyentuh!

Lagu ini sendiri bercerita tentang pasangan kekasih yang mana salah satunya sering membanding-bandingkan pasangannya dengan orang lain, yang akhirnya membuat perasaan tersebut pudar dan pupus.

“Ini lebih tentang pasangan kita yang suka membanding-bandingkan kita untuk jadi orang lain. Kenapa kita potongan rambutnya enggak kayak gini, kenapa pakaian kita enggak kayak mereka, lebih ke arah situ sih. Intinya, kenapa sih membandingkan diri kita dengan yang lain, kenapa enggak menerima apa adanya saja, karena hidup ini kan tentang menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi kalau gitu lebih baik mundur aja,” tutur Arsy Widianto bercerita detail mengenai lagu Menjadi Dia.

Tiara sendiri merasa kaget, senang, sekaligus tak menyangka lagu yang seutuhnya dibuat oleh Arsy Widianto ini memang disiapkan untuk dinyanyikan olehnya. “Lagu ini wajib banget didengar, karena mewakili perasaan kalian yang sakit hati karena kerap dibanding-bandingkan dengan orang lain, padahal kita ingin menjadi diri sendiri,” tukas Tiara.

Selain dalam bentuk audio, lagu Menjadi Dia juga akan dirilis dalam bentuk musik video yang tayang premiere di hari Jumat, 17 Desember pukul 19:00 WIB dan dilanjutkan dengan acara YouTube After Party (for premium users). Jangan sampai kelewatan, guys!

Tersedia dalam bentuk boxset

Cover artwork album Tiara Andini (Foto: Universal Music Indonesia).*

Semua lagu di album ini sudah bisa Metronom dengar dan nikmati di semua platform digital streaming. Kabar baiknya lagi, juga bisa mendapatkan album ini secara fisik yang dikemas dalam bentuk boxset.

Namun Metronom harus bersabar, karena album ini baru bisa didapatkan secara exclusive pre-order mulai tanggal 17 Desember pukul 17:00 WIB bersamaan dengan Tokopedia Play Livestream.

Mau tahu isi boxset ini apa saja? Boxset ini terdiri dari; CD, booklet lirik, dan empat Magic Card Tiara dengan gambar berbeda dan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) untuk memberikan pengalaman yang unik melalui pindaian gawai pengguna. Ada juga bonus foto polaroid yang bisa ditemukan di 10 boxset untuk pembeli yang beruntung. Selain itu, boxset ini sangat spesial karena ditandatangani langsung oleh Tiara sendiri. Sangat worth to buy dan untuk dikoleksi.

Jadi, jangan sampai kamu kehabisan. Selamat menikmati persembahan baru dari Tiara Andini. Enjoy, guys!

Tentang Tiara Andini

Sebagai pendatang yang belum lama di industri musik Tanah Air, penyanyi yang juga runner up jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2020 ini sudah menorehkan banyak karya dan prestasi yang patut diacungi jempol.

Lagu debutnya yang dirilis 28 Februari 2020 berjudul Gemintang Hatiku berhasil mencapai Top 100 Spotify Chart pada hari pertama perilisannya.

Tiara juga berhasil mencatatkan prestasi di industri musik baik lokal maupun tingkat Asia. Di tahun 2020 Tiara berhasil meraih penghargaan sebagai Pendatang Baru Terbaik Terbaik dalam ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2020 dan juga meraih penghargaan Best New Asian Artist dari Indonesia di ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA).

Tidak berhenti disitu, di tahun 2021, Tiara memenangkan kategori Lagu Terfavorit di ajang Telkomsel Awards lewat lagu Maafkan Aku #TerlanjurMencinta dan juga Pemenang Indonesia Artist of The Year di JOOX Indonesia Music Awards 2021.

Penghargaan lainnya diraih Tiara pada November 2021 dengan memenangkan Album Pop Terbaik (Arti untuk Cinta) dari enam nominasi kategori di AMI Awards 2021. Bahkan sampai saat ini total video di kanal Youtube Tiara Andini telah ditonton lebih dari 195juta kali.

Selain bernyanyi, Tiara juga merambah dunia perfilman Indonesia dengan membintangi film remake My Sassy Girl versi Indonesia sebagai pemeran utama bersama Jefri Nichol.

Tidak bisa diragukan, prestasi yang dicapai oleh Tiara Andini membuatnya melaju satu langkah ke depan untuk menjadi the next big thing tak hanya di arena musik tetapi juga di perfilman Indonesia.

Album Tiara Andini track list:

  1. Menjadi Dia
  2. Maafkan Aku #TerlanjurMencinta
  3. Buktikan
  4. Merasa Indah
  5. Hadapi Berdua
  6. Gemintang Hatiku
  7. Janji Setia
  8. 365

Follow Tiara Andini:

Track by Track

Gemintang Hatiku

Merupakan lagu perdana Tiara Andini yang dirilis pada Februari 2020 lalu. Kombinasi antara warna musik pop, disko, serta Rn’B menjadi kesatuan yang apik yang diciptakan oleh Laleilmanino.

Maafkan Aku #TerlanjurMencinta

Dirilis di bulan Juni 2020. Di lagu ini Tiara bekerja sama dengan Yovie Widianto sebagai pencipta lagu sekaligus komposer. Nuansa lagunya dibuat sendu, ala pop ballad. Bercerita tentang harapan dari sebuah kisah cinta yang mungkin tidak akan bisa disatukan.

365

Lagu ketiga Tiara yang dirilis pada Agustus 2020 bekerja sama dengan trio pencipta hits, Laleilmanino. Di lagu yang bertemakan cinta ini, Tiara Andini merepresentasikan kegundahan akan sebuah kisah cinta yang pilu, patah hati yang berkecamuk dengan kerinduan serta tanda tanya dari sebuah akhir perjalanan cinta yang tak bisa begitu saja terlupa.

Hadapi Berdua

Mei 2021, Tiara Andini merilis lagu keempat ‘Hadapi Berdua’ dengan kembali berkolaborasi dengan Laleilmanino. Ini merupakan lagu pop dance yang ceria dengan bercerita tentang hubungan cinta, tapi dalam perjalanannya ada beberapa yang tidak mendukung mereka.

Buktikan

Di lagu kelima ini Tiara berkolaborasi dengan Vidi Aldiano, dirilis pada tanggal 1 Oktober 2021. Lagu yang menjadi hits sekitar tahun 2007 silam diciptakan oleh salah satu pencetak lagu terbaik, Bemby Noor. Kali ini mereka membawakannya kembali ke dalam versi terbaru. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.