METRUM
Jelajah Komunitas

Carapaz Kuasai Etape XII Vuelta a Espana, Evenepoel Terjatuh

PENAS BANCAS ESTEPONA, SPANYOL (METRUM) – Richard Carapaz (29) pemegang medali emas road race Olimpaide Tokyo 2020, tampil prima memenangi etape XII Vuelta 2022, Jumat (2/9/2022) WIB. Atlet asal Ekuador yang tergabung di tim Ineos ini merupakan bagian dari grup 32 atlet yang melakukan break away sejak start, kemudian Carapaz melepaskan diri dari pesaing lainnya, 2 km dari finis.

Dia menyelesaikan jarak sejauh 192 km dari Salobrena ke finis di puncak pendakian kategori 1 Penas Bancas Estepona dengan waktu 4 jam 38 menit 26 detik. Urutan kedua Wilco Kelderman (Bora Hansgrohe/Belanda) terpaut 9 detik dan ketiga Marc Soler (UAE Team Emirates/Spanyol) + 24 detik.

Sementara pemegang kaus merah (pimpinan klasemen) Remco Evenepoel (Quick Step/Belgia) harus berjuang ekstra karena terjatuh 40 km sebelum finis akibat menghindari motor Media yang agak melebar di tikungan. Beruntung Evenepoel hanya mengalami luka ingan lecet di bagian kaki dan tangan, serta celananya robek.

Remco Evenepoel (Quick Step/Belgia), pimpinan klasemen (kaus merah) Vuelta 2022, terjatuh di etape XII Jumat (2/9/2022) WIB Salobrena – Penas Bancas Estepona 192 km. Dengan celana robek dan luka-luka terus berlomba hingga finis. (Foto: AFP).*

Meski mengalami musibah yang tak terduga ini, Evenepoel mampu melanjutkan lomba bersaing dengan unggulan lainnya selamat hingga finis tak tergoyahkan.

Evenepoel finis urutan ke-15 tertinggal 7 menit 39 detik dari Carapaz, dan masih memimpin klasemen dengan keunggulan tak berubah seperti pada etape sebelumnya. Urutan kedua klasemen ditempati juara betahan 3 kali Vuelta, Primoz Roglic (Jumbo Visma/Slovania) + 2 menit 41 detik, ketiga Enric Mas (Movistar/Spanyol) + 3 menit 3 detik. Sementara Richard Carapaz meski memenangi etape XII posisinya di klasemen masih jauh di bawah, yaitu urutan ke-16.

Pada etape XII, dua atlet lagi tidak bisa start harus mundur dari lomba karena positif Covid-19, sehingga jumlah atlet yang tersisa menjadi 147. Vuelta masih menisakan 9 etape lagi dan kendala penyebaran virus Covid-19 masih terjadi sehingga panitia Vuelta menekankan pentingnya protokol kesehatan dijalani.

Sabtu (3/9/2022) WIB, etape XIII (Ronda –Mortilla) rute datar 168 km. Kesempatan bagi sprinter dan oportunis untuk coba break away lagi. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: