METRUM
Jelajah Komunitas

Di Purwakarta, Ada Fedarta dan Rumah Federalist, lho!

GENRE sepeda buatan anak bangsa yang memiliki sejarah yang melegenda yaitu Federal pernah berjaya di era 80 hingga 90an. Karena sesuatu hal, kejayaannya meredup hingga perusahaan pembuat menghentikan produksinya.

Berawal dari Jogjakarta, sekelompok pesepeda berupaya membangkitkan kembali sepeda yang frame-nya berbahan besi tersebut dengan membentuk komunitas MTB Federal Indonesia (MTBFI) pada tanggal 16 Januari 2009 dan perkembangannya telah memicu terbentuknya chapter-chapter di hampir seluruh daerah di Indonesia, seperti Federal Jogjakarta (Fedjo), Federal Jakarta (fedJak), dan Federal Bandung Indonesia (FBI).

Di Jawa Barat, tak hanya ada FBI, tapi para pegiat federal di kota atau kabupaten lainnya tak mau ketinggalan. Lahirlah Federal Kota Cimahi (FedKoci), Federal Depok (FeDe), Federal Bogor (Plat-F), Federalist de Buitenzorg (FdB), FedSumedang, Federal Cianjur (FedCJR), Federal Tasikmalaya (Tasmania), Federal Cirebon (FedRebon), Federal Sekitar Bekasi (FedSeksi), Federal Cikarang Brothers (FedRangers), Federal Majalengka dan Sekitarnya (FedKas), Federal Indramayu (FeDi), Federal, Federal Sukabumi (FedBumi), Penikmat Federal Karawang (Pendekar) dan Federal Purwakarta (Fedkarta).

Federal Purwakarta, (Foto: Dok Fedarta).*

Pegiat sepeda federal di Kabupaten Purwakarta relatif masih dalam hitungan jari. Kendati demikian, mereka sudah lama memiliki semangat menghangatkan gairah federal di Purwakarta. Beberapa anggotanya sering mengikuti kegiatan-kegiatan bersepeda yang digelar komunitas federal di daerah lain.

Awalnya, ketika dibentuk bernama FETA (Federal Purwakarta) pada tahun 2016, namun berjalan stagnan dan singkat, bahkan vakum sekian lama hingga bisa dikatakan bubar. Empat tahun kemudian mereka membangkitkan kembali, diawali dengan bersepeda bersama dan bersilaturahmi di Jatiluhur.

Melalui semangat “Federalist Purwakarta Reborn”, akhirnya mereka sepakat mengangakat kembali Feta dan mengubahnya dengan nama Fedarta. Didirikan pada 6 Juni 2020, diketuai oleh Sunendra, pensiunan polisi, terakhir bertugas menjadi Kepala Unit Polisi Resort (Kanit Polres) Jatiluhur.

Hingga saat ini, anggota Fedarta berjumlah 38 orang, tapi yang aktif  hanya setengahnya saja. Beberapa anggota Fedarta sudah saya kenal lama sejak di Purwakarta Mountain Bike Adventure (PUMA), seperti Sigit Hadmono, Abah Dj, Edi Suryadi, Bunda Azwa, Dadang Deacons, dan Mira Habibah. Tempat kumpul mereka di salah satu bengkel sepeda yang cukup populer di sana yaitu Bayu Bengkel di Jalan Ipik Gandamanah.

Sejak dibentuk memang belum banyak kegiatan yang dilaksanakan, tapi pernah menggelar kegiatan bike camp di Ujung Aspal Wanayasa dalam rangka hari jadinya yang pertama tahun 2021. Beberapa kali mereka mengikuti kegiatan yang diadakan pihak lain, yaitu Bike Camp Anniversary FedKas dan Fedkoci.

Rumah Federalist Purwakarta

Makin maraknya kegiatan sepeda jarak jauh (turing) khususnya bagi peturing yang menggunakan sepeda federal, sejak tahun 2018, MTBFI mulai meramaikan program Rumah Federalist yang diharapkan setiap chapter daerah bisa memilikinya.

Rumah Federalist (RF) dimaksudkan untuk tempat singgah para pesepeda dari mana saja, baik nusantara maupun mancanegara yang tengah melakukan bersepeda jarak jauh, sekaligus sebagai tempat ajang silaturahmi antar pesepeda, bukan hanya untuk pegiat sepeda federal tapi untuk pegiat sepeda jenis apa pun.

Di Jabar, hampir seluruh chapter memiliki RF, termasuk Purwakarta (Pwk) yang mulai ada sejak bulan Juli 2021, lokasinya ada di daerah Tegal Munjul, memanfaatkan sebagain ruang kosong bekas gudang milik salah satu anggota Fedarta yang akrab disapa Ben Cahyadi sekaligus ditunjuk sebagai pengelolanya.

Rumah Federalist Purwakarta (Foto: Dok. Mira Miew).*

Gudang kecil tersebut diperbaiki sedemikian rupa dan ditambah luas bangunannya menjadi berukuran 3 x 2,5 m2. Dana perbaikan atau pembangunnanya merupakan hasil swadaya semua anggota dan donatur utama Fedarta. 

Sudah beberapa pesepeda yang pernah singgah di RF Purwakarta, di antaranya Rey dari FBI saat melakukan bersepeda turing Bandung – Jakarta, dan John MT dari Depok saat bersepeda keliling Jabar. Di hari kedua awal tahun 2022, saya mengisi liburan dan berkesempatan mengunjungi RF Pwk tersebut.

Nah, bagi teman-teman pesepeda yang mau singgah atau sekedar mengunjungi dan berilaturahmi di RF Pwk, ini alamatnya Gang Kerajaan II RT.001 – RW.003 Kelurahan Tegal Munjul, Kecamatan Purwakarta. Sebelumnya bisa menghubungi teman-teman Fedarta terlebih dahulu.

Terakhir, beberapa hari yang lalu Fedarta menyambut 7 pesepeda Pendekar yang melakukan bersepeda keliling menuju 7 Chapter Federal di Jawa Barat, dalam rangka hari jadinya yang ke-7 pada Selasa (18/1/2022) dan hari jadi MTBFI ke-13, yang jatuh pada hari Minggu (16/1/2022).  

Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan dirgahayu buat MTBFI dan Pendekar. Semoga tetap jaya dan makin kompak serta menginspirasi dalam gerakan ke-bike-an. Salam sehat, semangat, dan selalu waspada, semoga pandemi segera sirna.

Salam Boseh dan Go Green! (Cucu Hambali, Bersepeda itu Baik)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.