METRUM
Jelajah Komunitas

Sering Mengganggu dan Jadi Sumber Kuman, Ini Tips Usir Lalat Buah

PISANG yang didiamkan di meja dapur terlalu lama sehingga menjadi terlalu matang biasanya akan mengundang lalat buah. Kawanan lalat buah ini cukup banyak, terbang mengitari sekeliling pisang dan akhirnya juga menyerang area-area lain dalam dapur seperti tempat sampah.

Rombongan lalat buah ini sangat mengganggu, juga membahayakan kesehatan karena berpotensi membawa kuman. Lalat buah bisa meninggalkan 2.000 telur di permukaan pisang yang akan menetas dalam kurun seminggu.

Untuk mencegah perkembangbiakan lalat buah, lakukan beberapa langkah di bawah ini:

1. Singkirkan benda-benda yang bisa menarik minat lalat buah

Melansir dari Hunker, segera singkirkan benda-benda yang menarik minat lalat buah. Tak hanya pisang saja yang menjadi favorit lalat buah. Buah ranum lainnya dan minuman-minuman yang mengandung zat gula juga menjadi incaran lalat buah. Selain buah dan minuman, spons basah di bak pencuci piring juga bisa memancing lalat buah untuk datang. Jadi agar lalat buah segera pergi, masukkan buah-buahan dan minuman manis ke dalam kulkas. Dan rendam spons dalam air sabun.

2. Bersihkan meja dapur

Buah pisang dan buah-buahan lain yang sudah sangat matang biasanya mengeluarkan cairan mengandung gula yang menempel di meja dapur. Bersihkan cairan ini dengan lap yang sudah dibasahi dengan air sabun. Buang segera kulit buah yang sudah Anda masukkan ke tempat sampah.

3. Cuci dan tutup pisang

Jika Anda masih tetap ingin meletakkan pisang di meja dapur, tutuplah dengan penutup makanan atau tudung saji. Ketika membeli pisang, lap pisang dengan air bersih untuk membersihkan adanya telur-telur lalat buah yang sudah menempel di kulitnya.

4. Buat jebakan

Jika lalat buah sudah terlanjur berkumpul di dalam dapur, buatlah jebakan menggunakan pisang matang. Letakkan beberapa irisan pisang matang dalam mangkuk. Tutup mangkuk dengan plastik, namun buat lubang kecil di atasnya agar lalat bisa menerobos masuk namun akan susah untuk terbang keluar.

5. Semprot dengan larutan pengusir serangga

Untuk mengusir lalat buah, Anda juga bisa membuat semprotan pengusir serangga. Campurkan alkohol dengan air bersih dan masukkan ke botol semprot. Campuran ini efektif membunuh dan mengusir kawanan lalat buah, tanpa meracuni bahan makanan di dalam dapur.

Lima langkah di atas efektif untuk mencegah dan mengusir lalat buah yang datang mengerumuni buah terutama pisang. Tentunya buah akan lebih terjaga dan bertahan kesegarannya jika kita menyimpannya dalam kulkas. (Erik Maydia/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: