METRUM
Jelajah Komunitas

Empat Cara Masak Pare Supaya Tidak Pahit

PARE mengandung beragam vitamin seperti A dan C. Menurut Healthline, pare juga memiliki senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan. Melihat kandungannya, pare bisa diolah untuk sajian sehat. Kalau tidak kuat menahan rasa pahit pare, kamu bisa menguranginya.

Dalam buku “SajianKu VOL 16/I/2014: Serba-Serbi Tips Seputar Sayuran, Cara Masak Daging Kambing” (2014) karya Team Dapur Lezat terbitan Mediantara Infopersada memaparkan tips mengolah pare agar tidak pahit. Perhatikan mulai dari cara memotong, merendam, hingga mengolahnya.

1. Rendam pare dengan larutan garam

Cara untuk menyiasati rasa pahit pare salah satunya dengan merendamnya dalam larutan garam selama 15 menit. Potong-potong pare dan hilangkan isinya lalu rendam dengan larutan garam. Jika sudah, cuci bersih agar rasa asin garam yang melekat hilang dan pare siap dimasak.

Selain itu pare jangan rebus pare terlalu lama. Banyak yang berpikir jika merebusnya hingga lama akan menghilangkan rasa pahit, tetapi cara tersebut malah akan membuat gizi pada pare hilang.

2. Hilangkan bagian tengah pare

Hilangkan bagian dalam pare agar berkurang rasa pahitnya. Cara menghilangkan bagian tengah atau dalam pare sangat mudah. Pertama belah dua pare, kemudian ambil sendok atau alat yang bisa mengerok sesuatu. Lalu buang bagian dalam pare.

Jika bagian berwarna putih itu masih ada terus kerok hingga tidak melekat pada bagian hijau dari pare. Selanjutnya potong-potong pare secara horisontal dan ukurannya sesuai selera.

3.  Pilih jenis pare

Jenis yang ada dipasaran ada tiga macam yaitu pare gajih atau pare putih (bentuknya panjang), pare hijau (rasanya pahit dan daging buahnya tipis). Lalu ada pare ular yang berbentuk bulat panjang agak melengkung dengan permukaan kulit buahnya berwarna hijau keputihan.

Jenis pare ular memiliki rasa yang tidak begitu pahit dibandingkan dua jenis lainnya. Pare jenis ini bisa menjadi salah satu pare yang bisa kamu olah untuk mengurangi rasa pahit.

4. Mengolah pare supaya gizinya tidak hilang

Pare menyimpan kandungan gizi, sangat disayangkan jika pengolahannya salah dan mengakibatkan gizi hilang. Saat memasak pare dan sayuran berwarna hijau lainnya gunakan panci stainless steel sehingga keasamannya tidak bereaksi dengan logam.

Cuci pare di air yang mengalir untuk menghindarinya layu. Kemudian saat menumis, gunakan minyak nabati. Kemudian cara mengukus merupakan salah satu metode memasak pare yang paling sehat. Karena cara ini dapat mempertahankan gizi dan mematangkan sayuran dalam waktu singkat. (Ikhsan Januardi/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: