METRUM
Jelajah Komunitas

Lima Jendral Terhebat Dalam Sejarah Islam

TELAH banyak peperangan besar yang mengisi perjalanan dalam sejarah Islam. Tentunya, perjalanan panjang itu pun telah dilalui oleh Nabi Muhammad SAW dan para pengikutnya dalam memperjuangkan Islam.

Islam mempunyai jendral-jendral perang hebat pada zamannya masing-masing. Dari sekian banyak jendral yang dimiliki oleh umat Muslim, inilah 5 jendral perang terhebat dalam sejarah Islam:

1. Khalid Bin Walid Khalid ibn al-Walid

Khalid bin Walid, adalah seorang panglima perang pada masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin yang termahsyur dan ditakuti di medan perang serta dijuluki sebagai Saifullah Al-Maslul (pedang Allah yang terhunus). Dia adalah salah satu dari panglima-panglima perang penting yang tidak terkalahkan sepanjang karirnya.

2. Abu Ubaidah bin Al-Jarrah

Jenderal panglima perang yang kedua adalah Abi Ubaidah bin Al-Jarrah. Abu Ubaidah termasuk dalam kelompok sahabat Nabi Muhammad SAW yang masuk Islam. Dirinya memeluk Islam atas ajakan Abu Bakar Ash-Shiddiq tepat sehari Abu Bakar masuk Islam.

3. Salahuddin Ayyubi (Saladin)

Salahuddin Ayyubi atau Saladin adalah seorang jenderal dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit (daerah utara Irak saat ini). Dia mendirikan Dinasti Ayyubiyyah di Mesir, Suriah, sebagian Yaman, Irak, Mekkah Hejaz dan Diyar Bakr. Salahuddin terkenal di dunia Islam dan barat karena kepemimpinannya, kekuatan militer dan sifatnya yang kesatria dan pengampun. Hal tersebut diamati oleh lawan dan diakui, pada saat dia berperang melawan tentara salib. Sultan Salahuddin Al Ayyubi adalah seorang ulama. Dia pun tercacat sebagai tokoh yang memberikan catatan kaki dan berbagai macam penjelasan dalam kitab hadits Abu Dawud.

4. Muhammad Al-Fatih (Mehmed II)

Sultan Mehmed II atau dikenal pula sebagai Muhammad Al-Fatih “Sang Penakluk”. Kejayaannya dalam menaklukkan Konstantinopel menyebabkan kawan bahkan lawan kagum dengan kepemimpinannya. Apalagi ditunjang dengan taktik dan strategi peperangannya yang dikatakan mendahului pada zamannya. Begitu pula dengan kaedah pemilihan tentara. Dia merupakan anak didik Syekh Syamsuddin yang masih merupakan keturunan Abu Bakar As-Siddiq.

5. Sa’ad bin Abi Waqqas

Sa’ad bin Abi Waqqas merupakan salah seorang pemeluk awal Islam. Beliau pun termasuk sahabat penting Nabi Muhammad. Kepahlawanan Sa’ad bin Abi Waqqas tertulis dengan tinta emas, saat memimpin pasukan Islam melawan tentara Persia di Qadissyah. Peperangan ini merupakan salah satu peperangan terbesar dalam sejarah umat Islam. (Iqbal Aziz/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: