METRUM
Jelajah Komunitas

Gaya Hidup Menjaga Kesehatan Jantung

JANTUNG merupakan organ tubuh vital yang bekerja memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, penting untuk kita menjaga kesehatan jantung. Kebiasaan dan gaya hidup sehat perlu diterapkan, baik muda maupun orang tua. Cara di bawah ini bisa mulai diterapkan demi terjaganya kesehatan jantung.

1. Ganti lemak jenuh dengan lemak baik

Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh sebagai energi, namun yang harus dikurangi adalah lemak jenuh atau lemak trans. Lemak jenuh ini dapat menyumbat pembuluh darah yang nantinya akan meningkatkan resiko penyakit jantung. Lemak jenuh terdapat pada makanan cepat saji, makanan ringan, goreng-gorengan, mentega, serta aneka cemilan. Sebaiknya diganti dengan lemak baik yang baik untuk menghasilkan energi dan menyerap vitamin. Antara lain ikan, gandum utuh, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

2. Menjaga kebersihan gigi dan gusi

Menggosok gigi (doctoroz.com).*

Kesehatan mulut dan jantung saling berhubungan, karena bakteri di dalam mulut yang berkembang dari penyakit gusi, dapat masuk ke dalam aliran darah. Kemudian menyebabkan peningkatan protein C-reaktif yang merupakan penanda peradangan pada pembuluh darah, sehingga meningkatkan resiko penyakit jantung.

3. Teratur berolahraga

Dengan olahraga yang cukup dan teratur membantu memperkuat jantung serta meningkatkan sirkulasi darah. Darah yang mengalir optimal dapat meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh, sehingga membuat tubuh terhindar dari penyakit jantung.

4. Istirahat yang cukup

Kurang tidur dapat mengganggu tekanan darah dan memicu peradangan, sehingga membuat risiko terkena penyakit kardiovaskular menjadi lebih tinggi.

5. Hindari asap dan aktivitas merokok

Ilustrasi rokok (blog-vape.com).*

Bahan kimia yang dikeluarkan asap rokok mendorong terjadinya penumpukan plak pada arteri. Seiring waktu penyempitan terjadi bersamaan dengan kerusakan pada pembuluh darah yang juga berpotensi terjadinya stroke. (Zayna Firdaus/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: