Horja Bius Bersama Mogan Pasaribu dan Moctavianus Masheka Siregar Gelar Road Show di Melbourne, Australia
JAKARTA (METRUM) – Grup seni budaya Horja Bius, yang digawangi oleh Mogan Pasaribu dan Moctavianus Masheka Siregar, akan menggelar pertunjukan tur (road show) di Melbourne, Australia. Rangkaian penampilan mereka akan dimulai pada Jumat, 1 Agustus 2025 di Beast, disusul pada Sabtu malam (2 Agustus 2025) dalam acara Bonapasogit hasil kolaborasi KJRI dan Komunitas Tapanuli. Selanjutnya, mereka akan tampil di Section 8 pada Minggu, 3 Agustus 2025, dan kemudian di acara yang diadakan oleh KJRI dan Perkumpulan Mahasiswa Melbourne pada Kamis, 7 Agustus 2025.
Sebelum berangkat ke Australia, Horja Bius yang dipimpin oleh Mogan Pasaribu juga dijadwalkan tampil di ajang Festival Lontar yang berlangsung di Singaraja, Bali, pada Jumat, 25 Juli 2025. Informasi ini disampaikan oleh Moctavianus Masheka Siregar—penyair dan sastrawan nasional sekaligus Ketua Taman Inspirasi Sastra Indonesia (TISI)—kepada awak media di Jakarta, Jumat (27 Juni 2025).
“Di Melbourne nanti, saya akan membacakan tiga Tonggo-Tonggo, yakni mantra-mantra khas Batak, tentunya dalam bahasa Batak juga,” ujar Bung Octa, sapaan akrab Moctavianus, yang diketahui memiliki garis keturunan Batak dari marga Siregar.
Ia menambahkan, “Tiga Tonggo-Tonggo itu akan saya bawakan dalam satu pertunjukan yang menggabungkan musik, tari, dan sastra Batak.”
Tonggo Ompung Mulajadi Nabolon
Ho do na ma jadi hon langit
Na ma jadi hon tano
Na ma jadi hon saluhut
Na sa na adong
Ho do na ma jadi hon jolma
Humbaen na adong
Na ma jadi hon harajaon asa adong
margonggom di topi ni langitmu
diatas ni tano on
Di jadi hokko no toddim jadi anakmu
Ima raja na siakbagi
Margonggom hami dirumah hamalimon mi
Parajar si oloan jala marmeme
siboduton
Ajar na i do na u olo i hami
Mamena i do na hupparngolohon hami
Humbaen rohami saluhut
Ginonggom ni tondi na
Sian holak kolang ni dosa
Nau a nuhon
Marluhut sipangatarani
Bale parpitaan
Dohot bale partonggoan
Marsobba mardaulat tu ho
Marhite lappir ni tanga nami marsomba
tipul ni daupa dohot pangurason…..
indahan na las, dekke di lean
pira ni ambalungan
manuk lahi bini
hambing putih si topion
Tonggo Siboru Deak Parujar
Baen ma gondang ni Ompunta… Tuan Humara-Hiri, Si Humara Naboru… par-aji tamba-tua, par-aji pulung-pulungan… sinonduk ni Ompunta Sibaso Nabolon…
na marsigantung ditali siubar, na meat di mombang boru…
Sian tano hondur, tano malambut, tano hulambu jati… sian tano padang bakkil bandailing, tano siogung-ogung… parsirangan ni tano, pardomuan ni aek… Sian i ma dalan laho tu ginjang, partiatan ni Ompunta… Debata Natolu Suhu, Naopat Harajaon tu banua tonga on…
Disi ma parangin-anginan ni Ompunta… ‘Siboru Deakparujar’… sideak uti-utian, sigodang ujar-ujaran…
Tonggo-Tonggo Siboru Deakparujar
Palulah gendang dari Empu kita, Tuan Kumarakumari, Si Kumara perempuan, per-aji tambah tua, per-aji ramu-aramuan; suami dari Empu Kita Sibaso Nabolon, yang bergantung pada tali siubar, yang hinggap di mombang boru.
Dari tanah lembah, tanah kelabu sejati, dari tanah bakil Mandailing, tanah yang termasyhur, bagaikan suara yang merdu, perpisahan daripada tanah, pertemuan daripada air: ‘Dari situlah tangga jalan ke atas, perturunan daripada Empu Kita: Debata Nan Tiga, Nan Tiga Segi, Nan Empat Kerajaan, ke benua tengah ini’.
“Di situlah bertamasya Empu kita Siboru Deakparujar, yang banyak cerdik, yang banyak akal,” pungkasnya.
Mitologi dan Ritus Batak
Horja Bius, yang digagas dan dipimpin oleh Mogan Pasaribu—pendiri sekaligus pemilik grup musik ini—merupakan kelompok world music yang secara konsisten mengeksplorasi dan mengangkat unsur mitologi serta ritual budaya Batak.
Grup ini memainkan alat-alat musik tradisional seperti Taganing (kendang khas Batak), Hasapi (semacam kecapi), Sulim (suling bambu), serta Sarunai Garantung (kulintang), dan dikenal lewat pembawaan lagu-lagu folklor serta mantra-mantra Batak dalam pertunjukannya.
Sebelum menjajal panggung di Australia, Horja Bius telah tampil di sejumlah kota besar di Belanda seperti Rotterdam, Den Haag, dan Amsterdam.
Khusus di Section 8, Melbourne, pemilihan lokasi tampil ini dilatarbelakangi oleh atmosfer komunitas yang dinamis dan sering digunakan sebagai ruang ekspresi seni dan musik lintas budaya. (Lasman Simanjuntak)***
Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.