METRUM
Jelajah Komunitas

Kecanduan Bermain Gim Termasuk Bentuk Gangguan Jiwa

BERMAIN gim merupakan hal yang asik dilakukan saat waktu senggang. Kini, gim bukan hanya dicap sebagai permainan belaka, tapi juga sebuah mata pencaharian oleh sebagian orang. Padahal kecanduan bermain gim termasuk sebagai salah satu gangguan kejiwaan atau mental.

Seperti dikutip dari laman resmi World Health Organization, kecanduan main gim masuk dalam kategori gangguan jiwa baru atau disebut gaming disorder (GD).WHO menerbitkan buku panduan International Classification of Diseases (ICD-11) pada pertengahan 2018, di mana termasuk di dalamnya Gaming Disorder.

Gaming disorder ini ditandai dengan ketidakmampuan diri untuk mengendalikan hasrat bermain, sehingga susah dan atau tidak mampu untuk menghentikan perilaku tersebut.

Dimasukkannya gaming disorder adalah pertimbangan negara-negara saat merencanakan strategi kesehatan masyarakat dan memantau kecenderungan gangguan.

Selain itu, para gamers harus waspada terhadap jumlah waktu yang mereka habiskan untuk aktivitas gim, terutama bila mengesampingkan aktivitas sehari-hari lainnya. Kemudian, mereka juga harus mewaspadai  perubahan fungsi fisik, psikologis dan fungsi sosial yang mungkin dikaitkan dengan pola perilaku permainan mereka.

Jika hal ini terus terjadi berkepanjangan, lama-lama akan merusak sistem dan sirkuit reseptor motivasi dan penghargaan otak sehingga menyebabkan kecanduan.(M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: