METRUM
Jelajah Komunitas

Komunitas Cepot Lipet Bandung, Sagala Lilipetan Aya!

MARAKNYA pengguna sepeda lipat berjalan seiring dengan munculnya merk-merk sepeda lipat baru dengan desain yang menarik, modern, dan keren. Hal ini juga berkonsekuensi logis dengan tumbuhnya komunitas pegiat sepeda lipat (seli), baik berdasarkan jenis yang sama atau merk yang sama.

Cepot Lipet Bandung (Dok. CLB).*

Di Bandung, tiga tahun lalu lahir sebuah komunitas sepeda lipat pada Sabtu, 27 Mei 2017 yang mewadahi para pegiat seli dari berbagai merk (sagala lilipetan aya) bernama Cepot Lipet Bandung.

Tim Pengurus CLB (Dok.CLB).*
Bandaung Lipet Firts Ride (Dok. CLB).*

Lahirnya komunitas ini berawal dari sekelompok pegiat sepeda federal yang tergabung dalam Federalist Bandung Indonesia (FBI) dan memiliki ketertarikan yang sama pada sepeda lipat. Adalah Agus Widiana, Endra Ginanjar, Agus Hartono, Irwan Parliana, Asep Heriandi dan Deni Priatna dalam satu kesempatan pertemuan rutin FBI setiap Minggu pagi di sebuah halaman kantor bank swasta di Jalan Merdeka mencetuskan ide dibentuknya Cepot Lipet Bandung (CLB).

Mengapa dinamakan Cepot Lipet Bandung? Karena selain cepot ini menjadi logo komunitas FBI, juga salah satu ikon tokoh wayang sunda yang legendaris. CLB hadir meramaikan khazanah dunia sepeda lipet di Kota Bandung dengan tanpa maksud menyaingi komunitas serupa yang hadir terlebih dahulu, seperti SEL-B (Sepeda Lipat Bandung), apalagi orang-orang yang aktif di dalamnya itu-itu juga. 

Sampai saat ini anggota CLB berdasarkan data media sosial:

  • WAG     : 256 orang
  • FB          : 1500 member
  • IG           : 1550 follower

Susunan Pengurus

  • Pembina              : Endra Ginanjar dan Asep Heriandi
  • Ketua                    : Irwan Parliana
  • Bendahara          : Agustono dan Deni Priatna

Setiap hari Minggu, Komunitas CLB berkumpul di CFD Dago seberang SPBU. Beberapa media massa pernah meliput aktivitasnya. Kegiatan rutin regulernya dilakukan sebulan dua kali, biasanya berupa aktivitas gowes bareng keliling kota atau ke trek-trek sepeda. Rutinitas tahunan biasanya menyelenggarakan acara milangkala/HUT CLB, folding bike camping dan Maranggi Attack.

Webinar Milangkala CLB (Dok.CLB).*

Salah satu kegiatan yang cukup fenomenal adalah Maranggi Attack, yaitu perjalanan bersepeda lipat bersama dari Bandung menuju Purwakarta, melalu Cimahi – Padalarang – Cikalong Wetan – Sawit – Darangdan – Sukatani – Purwakarta,  lalu menikmati makanan khas di sana yaitu sate maranggi, dan pulangnya loading bersama-sama naik kereta.

Kegiatan rutin tahunan ini selalu diikuti pegiat seli dari berbagai daerah di Jawa Barat, bahkan beberapa dari luar daerah, seperti dari Jakarta. Harapannya, Maranggi Attack ke depan dapat menjadi agenda tahunan level nasional seperti halnya Tour De’Pangandaran (TDP), tapi khusus bagi pengguna sepeda lipat dari mana saja dan merk apa saja.    

Sayangnya pada tahun ini, kegiatan Maranggi Attack ditiadakan terkait adanya pandemi covid-19. Beberapa kegiatan lain juga dibatalkan, seperti milangkala ke-3 tahun yang hanya diisi dengan kegiatan webinar meeting zoom dan Milangkala 3 CLB Challenge berupa Rule Challengge menggunakan aplikasi Strava.

Aksi Sosial CLB masa pandemi (Dok.CLB).*

Selain itu, CLB kerap mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan pihak lain, seperti Jambore Sepeda Lipat Nasional (Jamselinas), aktif menjadi tim kepanitian kegiatan-kegiatan sepeda lipat, dan juga melakukan aksi sosial. Salah satu kegiatan sosial yang belum lama dilakukan adalah pembagian alat pelindung diri untuk petugas pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di masa pandemik saat ini.

Pergantian Pengurus

Saat ini CLB tengah mempersiapan pergantian kepengurusan yang baru setelah dua periode dikelola pengurus yang sama. Sejak kegiatan webinar dalam rangka milangkala ke-3 CLB dua bulan yang lalu, wacana pergantian kepengurusan tersebut ramai diperbicangan di WAG CLB.

Ketua CLB terpilih periode 2020 – 2023 (Dok.CLB).*

Mulai dari pencarian bakal calon, calon, kandidat, kampanye kandidat terpilih, hingga pemilihan dilakukan melalu whatsapp grup. Meski demikian tak menyurutkan kemeriahan serta keseruan pesta demokrasi yang terjadi di komunita CLB.   

Setelah melalui proses pemilihan yang seru, terpilih Angga Marditama Sultan Sufanir sebagai Ketua CLB periode tahun 2020 – 2023. Harapan semua anggota, semoga kepengurusan baru dapat membawa CLB semakin baik, guyub dan terus ikut berperan serta dalam membangun budaya masyarakat bersepeda. Salam Boseh dan Go green! (Cuham, Bersepeda Itu Baik)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: