METRUM
Jelajah Komunitas

Kuota SBMPTN Universitas Pendidikan Indonesia 40% dari Daya Tampung

BANDUNG – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) membuka penerimaan mahasiswa baru 2021 melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota penerimaan 40% dari daya tampung. Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang menjadi landasan penilaian SBMPTN akan dipusatkan di Kampus UPI Bumi Siliwangi, Jalan Setiabudhi, Bandung.

Direktur Pendidikan UPI Asep Supriatna mengatakan, Kampus UPI Bumi Siliwangi juga menjadi tempat pelaksanaan UTBK bagi disabilitas tunanetra. Untuk melayani peserta tunanetra, UPI menyediakan teknologi khusus serta pengawas ujian.

Selain di UPI Bumi Siliwangi, UTBK di Bandung juga dilaksanakan di beberapa lokasi yang menjadi mitra UPI, yakni Politeknik Bandung dan Politeknik Pos. Sementara, di daerah selain Bandung, UTBK dilaksanakan di Kampus UPI Sumedang, UPI Cibiru, dan UPI Purwakarta.

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dimulai 15 Maret 2021 hingga 1 April 2021 melalui laman portal.ltmpt.ac.id. Selanjutnya, UTBK akan dilakukan dalam dua gelombang. Gelombang pertama pada 12 April hingga 18 April 2021.
Gelombang kedua pada 26 April hingga 2 Mei 2021.

“Setelah UTBK, ketika daftar SBMPTN mohon sesuai minat siswa. Kalau tidak sesuai minat, nantinya mereka lulus tetapi tidak diisi kursinya, itu merugikan kita semua,” ujar Asep, Selasa (9/3/2021).

Syarat mengikuti SBMPTN di antaranya memiliki akun di Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi dan merupakan siswa SMA/MA/SMK kelas XII pada 2021 atau lulusan 2019 dan 2020 atau lulusan paket C 2019, 2020, 2021. Selain itu, mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2021.

Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olah raga, wajib mengungggah portofolio. Setiap siswa diperbolehkan memilih dua program studi pada satu perguruan tinggi negeri atau masing-masing program studi
pada dua perguruan tinggi negeri. UPI memiliki program studi baru jenjang S-1 yakni Prog ram Studi Gizi di Kampus UPI Bumi Siliwangi dan
Program Studi Industri Pariwisata di Kampus UPI Sumedang. Selain itu, Program Studi Desain Produk Industri di Kampus UPI Tasikmalaya dan Program Studi Mekatronika dan Kecerdasan Buatan di Kampus UPI Purwakarta.

Setelah melaksanakan SBMPTN, UPI juga akan menggelar seleksi jalur mandiri. Dalam jalur mandiri, akan dibuka pendaftaran jalur prestasi istimewa. “Upaya kami memfasilitasi anak-anak yang punya keunggulan dalam bidang olah raga, seni, Al-Qur’an, dan juara-juara dakwah,” ucap Asep.

Daya tampung UPI dari jalur penerimaan SNMPTN, SBMPTN, dan mandiri sebanyak 10.115 orang. Kuota untuk jalur SNMPTN 30%, SBMPTN 40%, dan mandiri 30%. (M1-Sumber: Rani UF/”PR”, 10/3/2021)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.