METRUM
Jelajah Komunitas

Libur Kompetisi, Zalnando Baca Buku Favorit

BERAGAM cara dilakukan oleh para pemain Persib selama menjalani libur kompetisi Liga 1 musim 2020, seperti yang dilakukan Zalnando. Ia mengisi waktu luang dengan membaca buku.

Saat ini, pemain asal Cimahi tersebut juga masih melakukan isolasi mandiri seperti halnya yang dilakukan oleh pemain, jajaran pelatih, serta ofisial Persib lainnya. Hikmah dari situasi sulit saat ini memaksanya untuk membaca beberapa buku kesukaannya.

“Beberapa buku tentang branding, marke­ting digital, dan sejenisnya. Lebih ke buku-buku bisnis dan beberapa buku lainnya ada juga,” kata pemain bernomor punggung 27 belum lama ini.

Zalnando mengaku dirinya memang tidak kuliah bisnis, tetapi ketertarikan pada dunia bisnis muncul secara alamiah. Apalagi, Zalnando sedang merintis usaha dan dia belajar secara autodidak.

“Selain berlatih dan menjalankan prog­ram yang diberikan pelatih, waktu ­luang juga dihabiskan buat baca buku, nonton film, dan kegiatan lain yang positif selama di rumah. Sambil merintis usaha juga kecil-kecilan,” katanya.

Pemain yang sebelumnya membela Sriwijaya FC ini sedang mencoba mengikuti jejak beberapa pemain Persib lainnya seperti Dedi Kusnandar, Kim Kurniawan, Gian Zola, dan I Made Wirawan yang memiliki ­usaha lain di luar se­pak bola.

Tidak hanya itu, Zalnando juga memberikan dukung­an dan apresiasi kepada para pejuang kemanusiaan yang saat ini sedang melawan pandemi virus corona terus mengalir, seperti yang dilakukan oleh pihak lainnya.

Diskon khusus

Bek Persib ini menunjukkan kepeduliannya dengan menyisihkan sebagian keuntung­an dari bisnis makanan yang digelutinya. Produk makanan kemasan yang dijual Zalnando secara online memberikan diskon khusus bagi petugas kesehatan, polisi dan semua orang yang tetap bekerja di luar rumah dalam situasi sulit ini.

“Bukan hanya pejuang kemanusiaan di rumah sakit, tapi polisi dan mereka yang tetap bekerja untuk kemanusiaan dalam ­situasi pandemi seperti ini. Saya berikan potongan 20 persen,” ungkapnya.

Produk makanan yang diberi nama Rendangpedia itu sudah dirintis Zalnando selama dua tahun. Kini usaha tersebut fokus melalui penjualan online karena untuk sementara dia menutup penjualan secara ­langsung.

“Di depan rumah ada kedai, situasinya sedang sulit saat ini. Jadi, saya menutup dulu. Tapi, supaya bisa membantu, saya jualan online juga. Jadi, bisa diantar sampe tujuan untuk mereka para pejuang kemanusiaan,” ucapnya.

Zalnando mengaku terus berupaya menjaga kesehatan dan kebugaran di tengah merebaknya pandemi virus corona (Covid-19). Baginya, menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan vitamin amatlah penting di situasi seperti ini.

“Pastinya, saya harus semakin disiplin menjaga kesehatan. Virus ini harus kita cegah bersama-sama melalui diri kita masing-masing. Makan makanan sehat, pakai hand sanitizer secara rutin, dan cuci tangan yang bersih,” tuturnya.

Sebelumnya, Zalnando juga telah mengikuti tes corona bersama pemain Persib lainnya di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Badung, dan dinyatakan negatif. Namun Zalnando tetap waspada dan menjalankan pola hidup sehat. “Alhamdulillah dalam tes itu saya negatif. Tapi, bukan berarti ke depannya saya tidak waspada,” tegasnya. (M1-Sumber: Irfan S/”PR”, 7/4/2020)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: