METRUM
Jelajah Komunitas

Makan Ikan Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur

SEBAGIAN orang mungkin memiliki kebiasaan minum susu sebelum tidur karena manfaatnya yang dapat membuat tidur nyenyak. Namun tahukah anda bahwa makan ikan juga ternyata dapat menjadi kunci tidur nyenyak di malam hari?

Sebagaimana dilansir Time, penelitian yang dipublikasikan di Scientific Reports ini menemukan hubungan antara makan ikan secara teratur dan kualitas tidur yang baik pada anak-anak sekolah di Tiongkok.

Hal ini berkat asam lemak omega-3 yang terdapat dalam ikan. Sebagian besar hasil dari peningkatan kualitas tidur tersebut, peneliti menemukan bahwa anak-anak tersebut mendapat skor lebih tinggi pada tes IQ.

Andrian Raine, penulis dari penelitian tersebut mengatakan “Ada hubungan antara mengonsumsi ikan dan fungsi kognitif yang lebih tinggi. Apa yang kami dokumentasikan di sini adalah kualitas tidur yang lebih baik yang menjelaskan hubungannya.”

“Dari A ke B ke C: Dari mengonsumsi ikan ke kualitas tidur yang lebih baik ke fungsi kognitif yang lebih tinggi,” ujarnya.

Para peneliti meminta 541 anak sekolah di Tiongkok yang berusia antara 9 dan 11 tahun untuk menjelaskan kebiasaan makan mereka. Termasuk seberapa sering mereka mengonsumsi ikan.

Sementara itu, orang tua mereka diminta untuk menjawab pertanyaan mengenai pola tidur anak-anak mereka. Kemudian, peneliti memberikan tes IQ ketika anak-anak tersebut berusia 12 tahun.

Peneliti menemukan hubungan antara semakin banyak mengonsumsi ikan secara teratur, akan semakin baik. Dan hal tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur dan skor IQ yang lebih tinggi.

Namun, Raine menjelaskan, nampaknya banyak manfaat kognitiff yang dapat ditelurusi kembali mengenai waktu tidur. “Perkembangan otak lebih mudah dibentuk saat anak dalam masa pertumbuhan,” ujarnya.

“Kami mengantisipasi bahwa dengan mengonsumsi ikan sejak dini, mungkin sangat bermanfaat untuk tidur dan fungsi kognitif anak,” kata Raine.

Meskipun penelitian ini berfokus pada anak-anak, Raine menyatakan “Hal ini menjadi alasan yang cukup bahwa temuan ini juga berlaku bagi orang dewasa.”

Penelitian juga menunjukkan asam lemak omega 3 dapat mengubah fungsi psikologis pada orang dewasa.

“Mengonsumsi ikan walaupun hanya beberapa kali dalam sebulan dapat meningkatkan fungsi otak anda,” ujar Raine. Ikan dan omega 3 juga terbukti baik untuk jantung anda.

“Yang paling penting adalah memiliki makanan yang seimbang. Tidak perlu banyak,” ujar Raine.

Raine menambahkan, jika orang tua dapat memberi kita makan ikan seminggu sekali, itu sudah cukup untuk membuat sedikit perbedaan di sekolah, dalam kinerja jangka panjang, dan terutama tidur. (M1)***

komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: