METRUM
Jelajah Komunitas

Manfaat Membaca untuk Kelangsungan Hidup

LEBIH dari seperempat atau 26 persen orang dewasa Amerika mengaku tidak membaca dalam satu tahun terakhir, menurut statistik yang keluar dari Pew Research Center.

Seperti yang dilansir dari laman Inc.com, Jumat 6 April 2018 lalu, jika Anda bagian dari kelompok ini, ketahuilah bahwa penelitian mendukung gagasan bahwa membaca itu baik untuk kehidupan Anda.

Membaca fiksi dapat membantu Anda menjadi lebih terbuka dan kreatif

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Toronto, peserta penelitian yang membaca cerita pendek fiksi menjadi lebih terbuka dibandingkan dengan rekan-rekan yang membaca esai nonfiksi.

Pada dasarnya, mereka diuji untuk lebih berpikiran terbuka, dibandingkan dengan para pembaca esai.

“Meskipun membaca nonfiksi memungkinkan siswa untuk mempelajari materi pelajaran, itu mungkin tidak selalu membantu mereka dalam membayangkannya,” tulis para peneliti.

Orang yang membaca buku, akan hidup lebih lama

Menurut peneliti Yale yang meneliti 3,635 orang tua lebih dari usia 50 tahun, menemukan bahwa mereka yang membaca buku selama 30 menit setiap hari hidup rata-rata 23 bulan lebih lama daripada orang yang tidak membaca buku.

Rupanya, praktik membaca buku menciptakan keterlibatan kognitif yang meningkatkan banyak hal, termasuk kosakata, keterampilan berpikir, dan konsentrasi.

Itu juga dapat memengaruhi empati, persepsi sosial, dan kecerdasan emosional, yang jumlahnya membantu orang-orang tinggal di planet ini lebih lama.

Membaca 50 buku setahun adalah sesuatu yang harus Anda capai

Mungkin membaca buku satu kali seminggu terdengar menakutkan, tapi masih bisa dilakukan oleh orang tersibuk sekali pun.

Penulis Stephanie Huston mengatakan bahwa pemikirannya tentang dirinya tidak memiliki cukup waktu ternyata adalah alasan yang lemah.

Sekarang ia telah membuat capaian untuk membaca 50 buku dalam setahun.

Ia mengatakan bahwa ia telah membuang waktu via telepon untuk membalik halaman setiap buku di tempat tidur, di kereta api, selama istirahat makan, dan sambil menunggu antrean.

Dua bulan dalam tantangannya tersebut, ia melaporkan memiliki lebih banyak kedamaian dan kepuasan dalam memperbaiki tidur.

Orang-orang sukses adalah pembaca

Itu karena orang yang berprestasi tinggi tertarik pada perbaikan diri.

Ratusan eksekutif sukses membagikan buku-buku yang telah membantu mereka mencapai kesuksesan mereka saat ini.***

komentar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: