METRUM
Jelajah Komunitas

Monumen Nasional

MONUMEN Nasional atau lebih dikenal dengan sebutan Monas adalah monumen yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut Kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Monas mempunyai ketinggian sekitar 132 meter atau setara dengan 433 kaki. Monumen ini didirikan pada tanggal 17 Agustus 1961 didesain oleh arsitek ternama Frederich Silaban dan RM Soedarsono serta kontraktor utamanya adalah PN Adhi Karya.

Tempat ini merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh orang-orang asing. Monas terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12, Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat. Tempat ini dapat dijangkau dengan beberapa transportasi umum yaitu:

  1. TransJakarta. Kalian bisa menuju monas dengan transportasi umum TransJakarta yang sering disebut Busway. Kalian bisa turun di Halte Monas ataupun Halte Balai Kota.
  2. Commuter Line (KRL), jika kalian mengunjungi Monas menggunakan KRL dapat turun di Stasiun Gondangdia dan melanjutkan perjalanan, kurang lebih 1,4 kilometer atau sekitar 18 menit menuju ke Monas.

Di tempat ini juga terdapat taman Taman Monas. Jika merasa jenuh ataupun lelah saat di Monas, kalian dapat menghilangkannya dengan menikmati Taman Monas, yaitu sebuah hutan yang dirancang dengan taman yang sangat indah. Pada saat pandemi sekarang ini, di taman monas banyak digunakan orang sebagai tempat untuk berolahraga seperti jogging, bermain futsal, basket dan sekadar berjemur matahari pagi. Jika ingin mengelilingi daerah monas dapat menggunakan kereta wisata gratis. (Fartimah alSalamah/JT)***

komentar

Tinggalkan Balasan