METRUM
Jelajah Komunitas

Puma Gobrek, Menepis Kerinduan Kegiatan Bersepeda XC Pasca Pandemi

PURWAKARTA Mountainbike Adventure (PUMA) salah satu komunitas pesepeda terbesar dan tereksis di Kabupaten Purwakarta, pada Minggu (20/11/2022), sukses menggelar hajatan bersepeda adventure bertajuk “Puma Gowes Bareng Rekan (Gobrek) Karang Taruna Kecamatan Campaka” yang dipusatkan di halaman kantor kecamatan.

Kegiatan hajat sepakat antara PUMA dengan Karang Taruna tersebut digelar dalam rangka hari jadi PUMA ke-9 dan Hari Pahlawan Nasional serta mengenalkan potensi wisata sepeda khususnya dan potensi pariwisata di Purwakarta pada umumnya.

Peserta Menyusuri Single Trek (Foto: Dok. Andrew Caplux).*

Apalagi di Purwakarta banyak menyuguhkan trek-trek sepeda yang mengasyikan dan menantang tersebar di semua wilayah kecamatan terutama bagi pegiat sepeda adventure dan xc.

Tak hanya itu, kegiatan memiliki visi dan misi meningkatkan jalinan kebersamaan antar pesepeda dari mana saja dan kalangan mana saja, serta menumbuhkan semangat karang taruna dalam melakukan gerakan bersepeda.

Selain mendapat dukungan dari pemerintah dan masyarakat setempat, Puma Gobrek mendapat dukungan dari banyak pihak seperti Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI), Komite Sepeda Indonesia (KSI), Santosa Bike dan lain-lain.

Menariknya, di event kali ini grandprize-nya bukan hanya sepeda dan kendaraan roda dua, tapi juga 1 unit kendaraan roda empat jenis pick-up meski seken.

Hiburan musik bersama Agent PAB (Foto: Dok. Andrew Caplux).*

Sumarna yang kerap disapa Doni Dado selaku wakil ketua pelaksana menuturkan, dalam program Bicara Bike, Metrum Radio edisi ke-20 pada Minggu, 13 Nopember 2022 bertemakan “Khazanah Bersepeda di Purwakarta” bahwa PUMA Gobrek merupakan event PUMA kesekian kalinya yang tertunda karena situasi pandemi.

Acara yang diikuti kurang lebih 2.000an pesepeda dari sekitar 200 komunitas pesepeda yang datang dari Purwakarta, Karawang,  Subang, Cianjur, Tasik, Garut, Ciamis hingga Serang, Banten tersebut dilepas dan disambut ketua ISSI Kabupaten Purwakarta, Sena Nelsen Ruslie, didamping Sigit Hadmono, ketua PUMA, dan Ketua Karang Taruna Kecamatan Cempaka, H. Ahmad.

Peserta Menikamati Hiburan (Foto: Dok. Andrew Caplux).*

Rute adventure yang ditempuh peserta sepanjang 17 kilometer mengitari seputaran hutan Cigangsa, Batudatar dan melewati empat desa, mulai dari Benteng, Campaka Sari, Campaka Induk, dan Cirende dengan melalui trek tanjakan, makadam, dan single trek.

Peserta juga bersepeda melalui trek datar, tanah merah yang asoy geboy dan rute fun bike menyusuri jalan raya perkampungan sepanjang 9 kilometer, lalu menuju tempat finish ke lokasi semula tempat kegiatan.

Sambil istirahat dan menunggu semua peserta tiba, mereka disambut hiburan musik dan lagu, salah-satunya menampilkan AGENT PAB yang merupakan pesepeda yang terjun ke dunia musik. Tentang duo grup asal Kabupaten Bandung ini silakan klik disini.

Agent PAB (Foto: Dok. Andrew Caplux).*

Selain hiburan musik, diselingi juga dengan pembagian hadiah. Hampir semua peserta tidak beranjak dari tempat itu karena berharap keberuntungan mendapatkan hadiah, terutama hadiah utama, meskipun mereka sadar pada akhirnya hanya ada satu orang saja yang mendapatkannya.

“Alhamdulillah, acara relatif berjalan sukses dan lancar, walau masih ada kekurangan dan kesalahan dari kami selaku penyelenggara, semoga tahun depan lebih baik lagi,” ujar pesepeda perempuan yang akrab disapa Bunda Azwa. Salam Boseh dan Go Green! (Cucu Hambali, Bersepeda itu Baik)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: