METRUM
Jelajah Komunitas

Rayi dan Noni Ungkap Cinta yang Horor Lewat “Casper”

BANYAK cara orang untuk menyatakan cinta dengan cara yang enggak biasa dan unik, bahkan mungkin menyeramkan! Ya, ini yang dilakukan oleh Rayi Putra di single terbarunya berjudul “Casper”

Di single “Casper“ yang dirilis oleh label musik hip-hop kenamaan, Def Jam Southeast Asia, Rayi berkolaborasi bareng salah satu penyanyi perempuan bertalenta yang tengah naik daun, Amaranggani Aysha, atau yang dikenal dengan nama Noni.

Rayi, yang juga personel dari grup musik RAN, menjelaskan bahwa single “Casper” memang merupakan lagu cinta yang cukup straight forward, di mana perasaan cinta langsung diutarakan tanpa basa-basi. Lagunya disajikan dengan menghadirkan nuansa warna musik hip-hop dan Rn’B.

Namun, uniknya, Rayi menyajikan single ini dengan memasukkan beberapa unsur horor, sehingga lagu ini menjadi sebuah hal yang tak biasa dari sebuah lagu yang bertemakan cinta. Menarik!

“Ini sebetulnya lagu cinta yang cukup straight forward, sebuah perasaan yang diungkapkan langsung secara jelas. Tetapi, yang bikin unik adalah gue memasukkan referensi dari hal-hal yang berhubungan film horror,” ujar Rayi menjelaskan tentang lagu “Casper”.

Hal yang bikin menariknya lagi, saat proses pembuatan lirik, Rayi memasukkan judul-judul film horor Hollywood dalam lirik lagu “Casper”. Bila kalian jeli, ini judul-judul filmnya; Hocus Pocus, The Whole Truth, The Ring, Goosebumps, hingga Trick r’ Treat.

“Jadi, ketika bikin lirik, gue sambil googling kumpulan judul judul film horror terkenal Hollywood untuk dimasukkan dalam lirik lagunya,” ungkap Rayi.

Sementara itu, bagi Noni kolaborasi ini menjadi hal yang menarik sekaligus menantang, karena prosesnya berjalan menyenangkan dan cepat. Namun, ia mengaku terbantu dengan banyaknya masukan dan arahan baik dari Rayi maupun Abe, karena baginya kolaborasi ini menjadi yang perdana baginya untuk genre seperti itu. Fun fact, Noni menulis lirik di bagiannya hanya sehari sebelum sesi rekaman berlangsung.

To be honest, kak Rayi mengirimiku demo lagu ini mungkin sebulan sebelum kolaborasi terjadi. Tetapi aku kesulitan sekali menulis dalam POV seperti ini jadi ya….syukurlah aku punya tenggat waktunya,” cerita Noni.

Berbicara departemen suara, seperti yang sudah dikatakan di atas, lagu “Casper” sangat kental dengan warna musik hip-hop dan Rn’B, namun dalam aransemennya, Rayi bersama dengan Belanegara Abe sebagai produser memberikan sentuhan afrobeat, sehingga membuatnya menjadi lagu yang komplit untuk dinikmati sambil berdansa.

Penggabungan kualitas vokal Rayi yang mumpuni dalam mengolah kata-kata dalam sebuah balutan rapping yang kece dengan karakter vokal Noni yang kuat membuat lagu ini sangat nyaman untuk dinikmati.

“Awalnya lagu ini sudah jadi demonya. Lalu gue membawa lagu ini ke Abe (produser) untuk diaransemen ulang. Lalu oleh Abe diberi sentuhan afrobeat. Menurut gue hasilnya jadi keren banget,” kata Rayi menanggapi aransemen lagu “Casper”.

Tidak hanya dalam bentuk audio, Rayi juga merilis single “Casper” dalam bentuk video lirik yang simpel namun seru. Konsepnya memang dibuat sederhana, dengan mengambil background setting sebuah kamar mandi di gedung lama yang memang sangat berkesan creepy.

“Setting videonya di kamar mandi sebuah gedung tua yang sudah terbengkalai. Jujur aja, saat shooting agak berasa creepy sih. Tapi, karena lagunya berjudul “Casper” dan banyak referensi horror, jadi setting-nya jadi pas banget. Oh ya, videonya juga cuman one take, keren sih,” cerita Rayi.

Lewat single ini, Rayi dan Noni berharap lagu “Casper” dapat didengarkan dan dinikmati oleh banyak orang, bahkan mereka berdua juga mengharapkan lagunya dapat membuat mereka yang mendengarkan dapat menggerakan badannya untuk berdansa dan menciptakan keceriaan.

“Semoga lagu dan videonya bisa bikin orang ingin menggerakkan badan mereka, dan bisa menghadirkan keceriaan,” harap Rayi.

“Aku harap lagu ini dapat membuat kalian merasa nyaman dengan diri sendiri! Dan, karena ini adalah lagu yang cukup enak didengar, aku harap lagu ini dapat menemani kalian sepanjang hari,” ujar Noni.

Lagu “Casper” sudah tersedia di semua platform layanan digital musik kesukaan kalian. Video liriknya juga sudah bisa dinikmati akun YouTube resmi Rayi Saputra. Happy listening! (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.