METRUM
Jelajah Komunitas

Roglic “Lepaskan” Kaus Merah, Molard Pimpin Klasemen

BILBAO, SPANYOL (METRUM) – Menguasai kaus merah pimpinan klasemen di awal balap sepeda Vuelta a Espana 2022 tentu membanggakan bagi juara bertahan 3 kali Primoz Roglic (Jumbo Visma/Slovania) tapi mempertahankanya hingga finis akhir etape XXI di Madrid, 12 September 2022 mendatang bukanlah hal yang mudah.

Jarak tempuh yang mencapai 3.400 km terbagi 21 etape, 12 merupakan etape tanjakan, 8 di antaranya finis di puncak pendakian, akan menguras tenaga semua atlet tim Jumbo Visma, apalagi Roglic sebagai pemegang kaus merah.

Itulah sebabnya meski Roglic merebutnya di etape IV Rabu (24/8/2022) WIB meneruskan penguasaan kaus merah yang pada tiga etape sebelumnya di Belanda (etape I, II dan II) dipegang juga oleh tiga atlet tim Jumbo Visma lainnya secara bergiliran. Akhirnya sesuai taktik tim Jumbo Visma, kaus merah itu disengaja lepas ke atlet rangking bawah tim lain di etape V, Kamis (25/8/2022) WIB. Hal ini untuk melepas “beban” berat menguasai pimpinan klasemen di awal lomba.

Pada etape V (Irun –Bilbao) 187 km rute perbukitan, grup 16 pembalap break away sejak awal dan dibiarkan lepas oleh tim papan atas termasuk tim unggulan teratas Jumbo Visma/pemegang kaus merah Primoz Roglic.

Tampil sebagai pemenang etape ini, atlet Spanyol Mark Soler (28) dari UAE Team Emirates solo break dari grup breaker-nya hingga finis unggul 4 detik dari kejaran Dayl Impey (Israel Premier Tech/Afsel), Fred Wright (Bahrain Victorious/Inggris) dan Rudy Molard (Groupama FDJ/Prancis) finis urutan kedua, tiga dan empat.

Sementara peloton para atlet unggulan termasuk pemegang kaus merah Primoz Roglic (Jumbo Visma) tertinggal sekitar 5 menit sehingga kaus merah berpindah tangan kepada Rudy Molard (Groupama FDJ) yang semula hingga etape IV berada di urutan ke-20 klasemen + 58 detik dari Roglic.

Molard kini memimpin klasemen dengan keunggulan 2 detik atas runner up Fred Wright (Bahrain Victorious/Inggris), ketiga Nikias Arndt (DSM/Jerman) + 1 menit 9 detik, keempat Lawson Craddock (BikeExchange/AS) + 2 menit 27 detik dan pemegang kaus merah sebelumnya Primoz Roglic kini di uutan kelima + 4 menit 9 detik.

“Kami lepaskan kaus merah agar beban tidak terlalu berat, Vuelta masih jauh dari finis akhir di Madrid. Biarlah beban itu kini menjadi tanggungan atlet tim lain yang bukan unggulan. Tim Jumbo Visma akan berupaya mengambil alih lagi kaus merah itu lagi pada saat yang tepat bersaing dengan atlet unggulan tin lainnya,” jelas Roglic kaptem tim Jumbo Visma.

Jumat (26/8/2022) WIB etape VI rute tanjakan berat Bilbao – San Miguel Aguayo 181 km. Etape berat ini akan bisa mengubah pimpinan klasemen lagi. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: