METRUM
Jelajah Komunitas

Tour de France ke-111/2024: Pogacar Siap Tampil Usai Pulih dari Covid-19

FLORENCE, ITALIA (METRUM) – Kapten tim UAE Emirates, Tadej Pogacar juara Tour de France (TdF) 2 kali (2020, 2021) merupakan favorit untuk menjuarai TdF 2024 untuk ketiga kalinya setelah tampil amat dominan menjadi juara Giro d’Italia 2024 Mei lalu.

Namun hanya dua hari jelang start TdF, Sabtu (29/6/2024) jago tanjalan asal Slovenia ini mengungkapkan hal mengejutkan bahwa dirinya baru saja pulih terkena virus Covid-19 yang dialaminya saat persiapan menuju TdF usai menjuarai Giro 2024.

“Namun saya pulih dengan cepat dan siap menghadapi TdF,” tegasnya ketika diwawancarai Eurosport di Florence, Italia tempat start etape I.

Dia mengungkapkan dirinya pulih dengan cepat dan kondisnya sudah sehat bugar kembali dan siap bersaing untuk perebutan kaus kuning (mailot jaune) tanda pimpinan umum TdF.

Pogacar ingin mencetak prestasi juara TdF dan Giro di tahun yang sama, “back to back” pemenang dua grand tour (TdF dan Giro)menyamail prestasi tiga atlet legendaries, Eddy Merckx (Belgia), Bernard Hinault (Prancis) dan Marco Pantani (Italia).

“Persiapan menuju TdF berjalan lancar namun ada kendala terkena Covid-19 setelah tampil menjuarai Giro d’Italia karena kondisi fisik kelelahan saat itu. Namun kini kondisi sudah pulih dan saya merasa fit siap bersaing di TdF,” tegasnya.

“Saya ingin melihat kondisi kebugaran saya di tingkat mana saat TdF dimulai etape I dan II, kalau semua ok saya rasa akan lancar pada etape etape selanjutnya sesuai rencana hingga 21 etape,” tambahnya.

Menuju TdF 2024 bukan hanya Pogacar, unggulan TdF yang terkendala terinfeksi Covid. Atlet pendukung Jonas Vingegaard juara bertahan TdF 2 kali (2022, 2023), letnan tim Visma, Sepp Kuss (AS) juga terkena Covid dan dinyatakan belum pulih benar untuk bisa ikut serta.

Tiga atlet terkemuka yang unggulan menjadi juara TdF 2024 juga baru pulih dari cedera parah yang diderita pada Tour Itsuila Basqye Country (Spanyol) yaitu Jonas Vingegaard (Visma – Lease a Bike/Denmark), Primoz Roglic (Red Bull Bora Hansgrohe/Slovenia) dan emco Evenepoel (Soudal Quick Step/Belgia). Kondisi kesiapan ketiganya pun masih tanda tanya.

Kondisi kesiapan empat atlet unggulan teratas ini (Pogacar, Jonas, Roglic dan Evenepoel) pada TdF 2024 akan bisa dilihat pada etape I, Sabtu (29/6/2024) menempuh rute perbukitan 206 km dari Florence ke Rimini, di Italia. (M1-BK)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.