METRUM
Jelajah Komunitas

Tujuh Makanan Ini Dianggap Sehat, Padahal Bertolak Belakang!

PRODUK makanan sehat saat ini kian diminati oleh masyarakat. Namun, faktanya tak semua makanan sehat benar memiliki manfaat bagi tubuh.

Tentu bertanya-tanya, bagaimana bisa makanan sehat dengan harga selangit, justru tidak sehat untuk tubuh?

Berikut tujuh makanan yang dianggap sehat, tapi sebenarnya tidak terlalu sehat untuk dikonsumsi, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Buah Kering

Buah kering misalnya kismis, sering dianggap sebagai camilan manis yang sehat. Tetapi perlu diwaspadai, kadang ada buah-buahan kering yang diberi tambahan gula.

Meskipun tidak diberi gula tambahan, gula alami pada buah kering ternyata berubah menjadi senyawa dengan kadar kalori tinggi.

Bila mengonsumsinya terlalu sering, kenaikan kadar gula dalam darah bisa menjadi risiko.

2. Minuman Kesehatan

Banyak minuman isotonik yang dijual di pasaran. Produk ini diklaim sebagai pengganti ion terbaik. Namun, ternyata tetap ada risiko kesehatan di dalamnya yaitu kandungan gula.

Terlebih lagi, produk minuman isotonik dibuat di pabrik dan menggunakan teknik kimia. Sehingga bisa memacu kegemukan dan karang gigi, bila terlalu sering mengonsumsinya.

3. Makanan Bebas Gluten

Makanan bebas gluten merupakan panganan kaya serat yang baik untuk tubuh.

Namun, bila diklaim oleh produk pangan olahan perlu diwaspadai. Sebab untuk menggantikan gluten, produk olahan tersebut kerap menggunakan beras, kentang, atau tepung tapioka. Dimana hal itu malah membuatmu lebih cepat lapar.

4. Healthy Bowl

Semangkuk penuh makanan yang saat ini menjadi tren ini ternyata membahayakan tubuh.

Ketika bahan makanan sehat dalam mangkuk dicampurkan, justru terjadi reaksi gula. Terutama dari perpaduan aneka buah yang digunakan.

5. Keripik Sayuran

Keripik sayuran dianggap sehat, padahal faktanya tidak benar. Sebab saat diproses menjadi keripik, sayuran akan kehilangan nutrisi dan serat alaminya.

6. Jus Organik Dalam Botol

Saat produk minuman dimasukkan ke dalam kemasan botol, terdapat kemungkinan diberi tambahan gula dan pengawet.

Hal itu diakukan untuk meningkatkan daya pakainya. Perlu diingat pula, buah yang telah berubah bentuk menjadi jus memiliki risiko kehilangan nutrisi, serat, dan vitamin dalam jumlah banyak.

7. Yogurt Kemasan

Kebanyakan yogurt yang dijual di pasaran, termasuk yogurt tawar, mengandung gula dan sedikit protein. (M1)***

komentar

Tinggalkan Balasan