METRUM
Jelajah Komunitas

9 Manfaat Biji Semangka, Salah Satunya untuk Menurunkan Tekanan Darah

BUAH semangka, khususnya di Indonesia, merupakan salah satu dessert yang wajib ada dalam setiap hidangan. Rasanya yang segar membuat buah itu menjadi kombinasi yang tepat saat selesai menyantap makanan utama.

Tak hanya rasanya yang enak, buah semangka juga memiliki kandungan gizi yang baik.

Nah, banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa biji semangka juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat biji semangka ini dapat kita dirasakan saat mengonsumsinya bersamaan dengan buah.

Seperti dikutip dari Boldsky, berikut 9 manfaat yang dihasilkan oleh biji semangka untuk kesehatan.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Dengan kandungan zat besi serta vitamin B, biji semangka mampu memperkuat sistem serta fungsi kekebalan tubuh kita.

2. Diabetes

Efek positif pada glikogen yang tersimpan dalam biji semangka dapat mengobati diabetes. Dalam sebuah jurnal internasional, biji semangka mampu mencegah diabetes tipe 2.

3. Membantu pencernaan

Magnesium yang dikandung biji semangka dapat mengaktifkan enzim dalam tubuh dan mampu menyerap nutrisi. Hal itu dapat membantu pencernaan yang lebih baik serta mencegah asam lambung.

4. Kesehatan kulit

Kandungan magnesium dapat menurunkan kadar kortisol dan menyeimbangkan hormon. Hal itu tentunya mampu mencegah keriput dan pelindung radikal bebas.

5. Kesehatan otak

Magnesium juga dapat membantu meningkatkan daya ingat serta kesehatan otak. Dalam sebuah studi di Amerika Serikat mencatat magnesium dapat mengobati penyakit Alzheimer.

6. Kesuburan pria

Kaum pria, biji semangka mengandung seng yang merupakan mineral penting bagi sistem reproduksi pria. Kemudian dapat membantu meningkatkan kualitas sperma pada pria yang tidak subur.

7. Menurunkan tekanan darah

Dengan kandungan arginin dalam jumlah tinggi, yang menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

8. Osteoporosis

Biji semangka juga mengandung mineral penting yang berguna untuk memperkuat tulang. Mengonsumsinya mampu mencegah terjadinya osteoporosis.

9. Menurunkan kolesterol

Serat dan asam lemak yang dikandung dapat menurunkan kolesterol jahat. Untuk itu, mengonsumsi biji semangka dapat meningkatkan kolesterol baik. Sudahkajh Anda mencoba? (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.