METRUM
Jelajah Komunitas

ASEAN Loloskan Lima Negara ke Piala Asia 2023

KUALA LUMPUR, MALAYSIA (METRUM) – Sebanyak duapuluh empat negara lolos ke sepakbola Piala Asia ke-18/2023 yang akan berlangsung 16 Juni – 16 Juli 2023, namun tuan rumah belum diketahui akibat mundurnya Tiongkok yang semula telah ditunjuk sebagai tuan rumah.

Kondisi penangangan Covid-19 yang masih belum tuntas dan kebijakan pemerintah “negri tirai bambu” yang mengusung kebijakan “zero Covid-19” menyebabkan China Football Federation mengundurkan diri dan tuan rumah baru tengah dijajaki dan masih memerlukan waktu untuk menentukan siapa yang akan ditunjuk AFC (Asian Football Confederation) menjadi tuan rumah menggantikan Tiongkok.

Demikian hasil rapat AFC pekan lalu di markasnya Kuala Lumpur, Malaysia. Presiden AFC Shaikh Salman Bin Ibrahim Al Khalifa asal Bahrain menyatakan dengan mundurnya Tiongkok sebagai tuan rumah maka pihaknya kini tengah menjajaki beberapa negara lain yang bersedia menjadi tuan rumah Piala Asia ke-18/2023.

“Indonesia yang penah menjadi tuan rumah bersama pada Piala Asia 2007 juga tengah dijajaki selain beberapa negara Asia terkemuka lainnya yaitu Korea, Jepang, Saudia Arabia, Thailand, Malaysia dan beberapa negara lainnya,” ungkap Shaik Salman kepada koran Berita Harian, Malaysia.

Asean loloskan 5 negara

Gelaran Piala Asia 2023 juga mencatat sejarah lima negara terkemuka di kancah sepakbola ASEAN lolos ke babak final Piala Asia 2023 yaitu Indonesia, Australia, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Tiga negara Asean lainnya yang prestasi sepakbolanya cukup baik yaitu Singapura, Filipina dan Myanmar gagal lolos kualifikasi.

Lima negara menjadi jumlah terbanyak negara kawasan Asia Tenggara yang lolos ke putaran final Piala Asia edisi ke-18/2023 dibandingkan pada 17 edisi sebelumnya yang hanya meloloskan satu hingga tiga negara Asean saja. Australia dalam peta wilayah AFC yang terbagi lima wilayah dimasukkan dalam wilayah Asean. Empat wilayah lainnya yaitu Asia Tengah, Barat, Timur dan Selatan.

Berikut ini 24 negara yang lolos babak kualifikasi dan berhak tampil di Piala Asia Tahun 2023: Australia, Jepang, Korea, Tiongkok, Bahrain, Hongkong, Iran, Irak, India, Jordania, Saudia Arabia, Kirgistan, Lebanon, Oman, Palestina, Qatar, Siria, Tajikistan, Uzbekistan, UAE, Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam. (M1)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.