METRUM
Jelajah Komunitas

BICARA BIKE, Program Radio Metrum Membicarakan Segala Ke-bike-an

METRUM, Media Terintegarasi Kaum Muda dalam Jelajah Komunitas, hadir sejak tahun 2018 sebagai media informasi umum berbasis digital atau online melalui berbagai platform, media sosial, dan juga aplikasi.

Selain website berisi berita dan berbagai artikel menarik, hangat, dan kekinian, termasuk tulisan khusus tentang sepeda di kanal Beib, hadir pula channel YouTube dan Radio Metrum (RM) yang mana pihak RM memberi ruang kepada komunitas secara cuma-cuma untuk mengelola program radio sesuai bidang komunitas yang digarapnya.

Tak hanya program-program sendiri saja yang hadir di radio yang mengudara nonstop selama 24 jam tersebut, seperti session-session musik berbagai genre di jam-jam tertentu, Gandrung Carita, dan Kelas Komunikasi, juga ada program-program lain yang dikelola komunitas.

Di antaranya adalah talkshow “Arah Pandang” yang dikelola Forum Studi Asia Afrika dan Prodi HI International Women University, “Bincang Toleransi” bersama SMK Bakti Karya Parigi, Beauty Screet, Hidup Sehat Ala Sals, Pro Fauna Indonesia, dan “Rumah Sahabat Bahagia” (RSB) bersama aktifis, relawan sosial, dan lingkungan di wilayah Sukajadi Bandung, dimana saya selaku penggarap dan pemandu talkshow RSB tersebut.

Owner Metrum yang sudah saya kenal baik sejak lama melalui aktivitas bersepeda, awalnya menyarankan saya untuk menggarap program bertema tentang dunia sepeda, tapi karena sesuatu hal, saya lebih dulu menggarap program RSB yang berlangsung dari akhir September hingga pertengahan Desember 2019.  

Pada tahun 2020, program talkshow terkait dunia sepeda bertajuk “Republik Boseh: Jaya di trek abadi di atas sadel” pun terlaksana. Mengudara perdana di pertengahan bulan Februari, menghadirkan narasumber dari Dinas Perhubungan Kota Bandung, membicarakan tentang Gerakan Eco Transport.

Sayangnya, baru tiga episode berjalan kemudian terhenti selama 7 bulan karena adanya pandemi Covid-19. Saat masa new normal sempat mengudara kembali dengan terbatas sebanyak 13 episode, mulai dari bulan September hingga Desember 2021.

Program Republik Boseh, saat tapping di Portal Sepeda (Foto: Dok. Metrum).*

Program kembali terhenti dengan adanya penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Lalu pada awal Maret-Oktober 2021, Republik Boseh (RB) kembali hadir sebanyak 11 episode melalui sistem tapping bekerja sama dengan Portal Sepeda sebagai studio tempat rekaman.

Program RB kali ini didukung oleh Forum Komunikasi Komuntas Pesepeda se-Bandung Raya (Forkom Bandung Raya) dan beberapa seponsor produk out door sport dan parfum. Namun sejak itu, karena persoalan teknis dan faktor lainnya, terlebih sejak saya memutuskan mundur dari kegiatan dan berkomunitas, RB terhenti sampai sekarang.

Bicara Bike

Menyusul terhentinya program RB, sehari menjelang puasa pertama tahun ini, mendadak timbul ide ingin membuat program radio dalam mengisi ngabuburit tapi bukan talkshow dengan mengundang narasumber, tapi semacam prolog menyampaikan informasi apa pun. Tentu saja yang saya angkat adalah informasi dunia sepeda.

Setelah pengajuan saya disetujui pihak Metrum, maka disepakati nama programnya yaitu “BICARA BIKE” (BB) dengan motto Membicarakan Segala Ke-bike-an. Mengudara setiap hari Minggu, mulai pukul 16.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Dalam program ini saya menjadi pemandu atau host menyampaikan informasi seputar dunia sepeda dan pesepeda, seperti kiat-kiat bersepeda, profil komunitas pesepeda, dan kegiatan atau event bersepeda yang sudah, sedang, dan akan dilaksanakan.

Karena disini saya bukan memposisikan sebagai ahli dan praktisi pesepeda, atau pesepeda yang hebat, tapi sebagai penikmat sepeda yang sama-sama sedang belajar menggali informasi atau ilmu, sehingga informasinya saya kutip dari berbagai sumber.

Selain itu, tambahan materi didapat dari pendengar yang berinteraksi saat siaran berlangsung melalui telepon dan whatsapp atau testimoni dari teman pesepeda yang saat itu berkesempatan hadir langsung ke studio.

Acara terbagi 4 sesi, pembukaan, materi, interaksi atau testimoni, dan informasi komunitas serta kegiatan bersepeda dengan diakhiri pengumuman penerima hadiah persembahan pendukung program BB edisi saat itu. Setiap jeda sesi diselingi lagu pilihan pendengar.

Cuham Hambali (Foto: Dok. Pribadi).*

Di Ramadan tahun ini, BB mengusung edisi Ngabuburide, mengambil tema aktivitas bersepeda selama bulan Ramadan. Perdana on air pada Minggu (10/4/2022), dengan tema “Kiat Bersepeda Saat Berpuasa”, yang materinya saya kutip dari postingan media sosial Forkom Bandung Raya.

Ada interaksi, tapi hanya sekadar request lagu dan sapa sahabat pesepeda saja dari Agus Sopa Federalove, Ade Katim dari Tangerang Selatan Legendnya KPS Unjani, Yud KPS Karawang,  Ellya Qodar Vello Girl, dan NGNers.

Sementara di sesi testimoni, ada Windu Mulyana seorang pegiat sepeda harian dan penggerak gerakan bersepeda dari Forkom Bandung Raya dan Bike to Work Indonesia yang berkesempatan hadir ke studio sambil ngabuburit.

Di sesi keempat, menyampaikan profil Forkom Bandung Raya beserta kegiatan yang dilaksanakan selama bulan Ramadan. Sekilas juga menyebut Kelompok Pengendara Sepeda (KPS) Unjani, dan informasi kegiatan bersepeda NgabubuRide yang dilaksanakan serentak seluruh Rodalink se-Indonesia.

Sesi diakhiri dengan pembacaan penerima hadiah persembahan pendukung acara BB selama Ramadan yaitu OFDY, Bike, Run, and Adventure, salah satu brand lokal out door sport cukup terkenal, khususnya di Bandung Raya, yang tokonya ada di Jalan Ir. H, Juanda No. 278 Dago, Bandung. Usai siaran, kami berempat yang ada di studio, mengobrol hingga menjelang maghrib dan melaksanakan buka puasa bersama di studio Metrum.

Salam sehat, semangat, dan selalu berdo’a. Tetap Bersepeda dengan bijak, tertib, dan beretika. Selamat menunaikan ibadah shaum dan beramal di bulan Ramadan tahun ini bagi yang menjalankannya, semoga diberikan keberkahan, keselamatan, dan ampunan dari Allah SWT. Aamiin.

Salam Boseh dan go green! (Cucu Hambali, Bersepeda itu Baik).***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.