METRUM
Jelajah Komunitas

Bomber Adventure, Gelar Kegiatan Penghormatan Bendera Merah Putih di Saguling

DI TENGAH situasi negara yang tengah dihadapkan pada musibah penyebaran virus corona, semangat masyarakat menyambut kemerdekaan mulai menggelora dan disambut dengan suka-cita bercampur haru serta harapan semoga negeri ini segera pulih dan terbebas dari pandemi.

Komunitas Bomber Adventure (Foto: Dok. Bomber adv).*

Beberapa tahun ke belakang, banyak cara komunitas pesepeda dalam mengekspresikan kecintaan dan kebanggaannya terhadap tanah air pada moment peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, mulai dari konvoi kemerdekaan, perayaan agustusan, jelajah tempat bersejarah, hingga upacara atau penghormatan bendera Merah Putih.

Seperti yang dilakukan komunitas pesepeda Bomber Adventure. Komunitas yang berdiri pada Sabtu, 23 Februari 2019  dan bergenre sepeda gunung/mountain bike (MTB) serta Federal ini awalnya bernama Jakdal yang kemudian diubah oleh 2 orang pendirinya Danil Setiawan dan Rian. Komunitas ini memiliki jargon “Boseh Mania Bersatu”.

Bersepeda menuju warung gowes sojer (Foto: Dok. Bomber adv).*

Sampai saat ini Bomber Adventure memiliki anggota 40 orang dan bermarkas di Jalan Jakarta Dalam, sebelah Warung Atok dan dekat Kantor Pos Indonesia. Markas itu digunakan sebagai tempat kumpul rutin berkegiatan atau bersilaturahmi sambil membicarakan hal terkait sepeda.

Kegiatan lainnya adalah bersepeda ke tempat-tempat yang lokasinya berada di luar Kota Bandung, seperti ke destinasi di Kabupaten Bandung, Kab. Bandung Barat atau daerah lainnya. Selain itu, kegiatan sosial yang sering dilakukan adalah menjenguk anggota dan keluarganya, atau rekan pesepeda lain yang sedang sakit.   

Penghormatan bendera merah putih

Setahun silam, pada Sabtu, 17 Agustus 2020, Bomber melakukan perjalanan boseh bersama ke Saguling, Kabupaten Bandung Barat, diisi dengan kegiatan penghormatan bendera dan naik perahu sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan terutama “Hari Merdeka” atau ”17 Agustus Tahun 1945”

Kegiatan tersebut diikuti oleh 15 anggota. Perjalanan dimulai dari Kota Bandung menuju Saguling dengan titik kumpul di Bundaran Cibeureum menuju Kota Cimahi – Ngamprah – Batu Jajar – Cililin – Waduk Saguling sepanjang kurang lebih 40 kilometer.

Penghormatan Bendera Merah Putih (Foto: Dok. Bomber adv).*

“Misi kegiatan, selain sebagai ajang meningkatkan kekompakan anggota komunitas Bomber juga ingin membuktikan bahwa kami mencintai Negara Republik Kesatuan Indonesia, tapi melalui cara atau hobi yang kami geluti, yaitu bersepeda,” ujar Danil Setiawan ketua Bomber Adventure yang akrab disapa Boy, sambil mengenang kegiatan tahun lalu. 

Menurut Boy, usai kegiatan di Saguling mereka istirahat dan makan-makan di warung sekitar lokasi waduk. Lalu, setelah itu mereka pun kembali ke Kota Bandung melalui jalur yang sama dilalui saat ketika berangkat. Rasa lelah di perjalanan seolah hilang, tergantikan perasaan bahagia, bangga, dan haru yang meliputi mereka.

Salam gowes dan go green. Salam sehat, semangat, dan waspada. Tetap menerapkan protokol kesehatan, selalu bersepeda dengan bijak, tertib, dan beretika. Bersepeda memang bike, tapi menjaga diri lebih bike. Karena bersepeda itu baik. MERDEKA! (Cucu Hambali, Bersepeda itu Baik)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: