METRUM
Jelajah Komunitas

Cara Kreatif Memanfaatkan Limbah Plastik dengan Metode Ecobrick

TANPA disadari, kita menggunakan plastik untuk keperluan sehari-hari. Terdapat berbagai cara dalam memilah sampah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat yaitu dengan 3 R (reuse, reduce, dan recycle) yang dapat dilakukan kapan saja dimana saja dan oleh siapa saja.

Kita dapat memilah sampah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat dengan berbagai metode, salah satunya Ecobrick. Metode ini menggunakan botol plastik yang diisi padat dengan limbah non biological untuk membuat blok bangunan yang dapat digunakan kembali.

Ecobrick membuat limbah plastik nilainya lebih berarti. Ini merupakan cara lain agar limbah plastik nantinya tidak hanya berakhir ke landfill (pembuangan akhir). Limbah plastik dapat diolah menjadi furniture yang indah.

Kursi hasil pengolahan Ecobrick (Sumer: inews.and.tanampedulilingkungan).*
Hiasan gerbang Ecobrick (Sumer: inews.and.tanampedulilingkungan).*

Hasil pemanfaatan limbah plastik dengan metode Ecobrick ini nantinya bisa kita salurkan ke bangunan bangunan seperti sekolah dasar yang biasanya menggunakan furniture kreatif di dalamnya. Bisa juga dijadikan bahan utama pembuatan kursi dan sofa, bahkan sebagai penyangga tembok bangunan serta gapura. Pemanfaatan Ecobrick juga menghasilkan benda-benda yang sangat berguna untuk menghias lingkungan sekolah.

Gerakan cinta lingkungan ini memberi dampak positif dan bisa ditiru bagi siapa saja yang tertarik menerapkan metode ecobrick demi kelestarian alam dan menjaga kebersihan lingkungannya. Selamat mencoba! (Muhammad Rifki Aldiya/JT)***

komentar

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

%d blogger menyukai ini: